Bank Sampah Susun Tabel Harga untuk Tarik Minat Warga

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta mendorong peningkatan kualitas bank sampah untuk mengurangi sampah. Tabel harga di bank sampah akan disusun untuk menarik minat masyarakat.

“Yang dibutuhkan bank sampah adalah peningkatan kualitas agar perannya semakin optimal. Tidak hanya mengumpulkan sampah, tapi juga meningkatkan fungsinya,” kata Kepala DLH Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto, Minggu (27/9).

Sugeng menyebut kini ada sekitar 420 bank sampah di Kota Yogyakarta. Berdasarkan neraca sampah pada Peraturan Walikota nomor 67 tahun 2018 ditetapkan, timbulan sampah di Kota Yogyakarta mencapai 370,4 ton/hari atau 135.214 ton/tahun. Dari timbunan sampah itu sebanyak 98,11 persen sudah dapat ditangani. Peran bank sampah mengurangi sekitar 6,7 ton/hari dan pemulung mencapai sekitar 95 persen ton/hari.

Menurutnya salah satu peningkatan kualitas pengelolaan bank sampah adalah dengan menyusun tabel harga berbagai komoditas sampah yang masuk ke bank sampah. Misalnya harga kertas, plastik, atau barang-barang lain yang masuk ke bank sampah ditampilkan di tabel harga.

“Harga berbagai jenis sampah dimutakhirkan terus dan ditempel di tabel harga di sekitar bank sampah. Masyarakat yang melihat tabel harga bisa memberikan motivasi masyarakat untuk aktif mengumpulkan barang ke bank sampah,” tambahnya.

Ia menyampaikan dengan langkah itu harapannya peran aktif masyarakat untuk memilah dan memilih sampah dari rumah tangga bisa meningkat. Tapi diakuinya proses memilah dan memilih sampah tersebut harus dikerjakan secara rutin, telaten dan membutuhkan kesabaran.

“Kalau proses pilah dan pilih sampah sejak dari rumah tangga berjalan dan bank sampah perannya optimal, harapannya volume sampah yang dibuang ke TPA Piyungan bisa berkurang,” tutur Sugeng.

Dicontohkan beberapa hari lalu sempat ada penundaan pembuangan sampah ke TPA Piyungan karena ada keluhan dari warga sekitar. Tapi tidak ada penumpukan sampah di depo-depo sampah di Kota Yogyakarta karena ada imbauan warga menahan sampah di rumah dulu. Rata-rata volume sampah dari Kota Yogyakarta yang dibuang ke TPA Piyungan sekitar 230 ton/hari. (Tri)

Read previous post:
POLISI MINTA KORBAN MELAPOR-Bagal Payudara Beraksi di Ringroad Utara

Close