Terpilih Secara Aklamasi, Wapemred Koran Merapi Jabat Ketua PWI DIY Periode 2020-2025

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Hudono SH terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI DIY periode 2020-2025 dalam Konferensi Daerah (Koferda) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY di kantor PWI DIY Jalan Gambiran Yogyakarta, Sabtu (26/9). Selain memilih ketua, agenda Konferda juga memilih Formatur dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP).

Dalam proses pemilihan Ketua PWI DIY, forum yang diikuti 87 anggota PWI DIY mengajukan tiga nama calon yaitu Hudono, Swasto Dayanto dan Esti Susilarti. Namun dua calon tidak bersedia dipilih, sehingga terjadi calon tunggal dan Hudono terpilih secara musyawarah mufakat (aklamasi).

Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Ottoh dalam kesempatan ini ikut merasa senang dan mengapresiasi proses pemilihan dalam Konferda PWI DIY berjalan dengan lancar dan baik, sehingga diharapkan dapat menjadi barometer dan percontohan konferda PWI di provinsi-provinsi lain.

“Rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan anggota PWI DIY luar biasa dan kelihatan sekali dalam konferda ini. Semoga kedepannya PWI DIY bisa lebih banyak berkiprah lagi. Selamat bekerja dan kelengkapan pengurus segera dilanjutkan oleh tim Formatur, lalu berita acaranya segera dikirim ke Jakarta,” ungkap Zulkifli usai memberikan pataka (bendera) PWI kepada Ketua baru PWI DIY.

Hudono menjelaskan, salah satu program pengurus PWI DIY 2020-2025 yaitu mengawal realisasi pembangunan Graha Pers Pancasila dan pendirian Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Pers Pancasila. Selain itu akan melakukan penguatan konsolidasi internal, terutama soal perlindungan hukum bagi wartawan, karena wartawan rentan dikriminalisasi. Bahkan soal pemberdayaan ekonomi wartawan juga akan menjadi perhatian penting melalui penguatan-penguatan ekonomi, antara lain akan lebih menggerakkan Koperasi Pena Kencana dengan unit-unit usahanya seperti Mina Warta dan Cafe 45.

“Sesuai dengan tema Konferda PWI DIY tahun ini, kami juga akan terus berusaha meneguhkan PWI sebagai organisasi profesional dan bermartabat,” kata Hudono yang juga Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Koran Merapi tersebut.

Sementara itu dalam proses pemilihan Ketua DKD, forum mengajukan lima nama calon untuk dipilih, yaitu Sihono HT, Primaswolo Sujono, Susi Lastuti, Mussahada dan Swasto Dayanto. Tiga dari lima nama calon menyatakan tak bersedia dipilih, sehingga menyisakan dua calon yaitu Sihono HT dan Primaswolo Sujono. Dalam pemilihan dan perhitungan suara, Sihono memperoleh 62 suara dan Primaswolo Sujono 24 suara. Sedangkan formatur yang terpilih dengan perolehan empat suara terbanyak, yaitu Swasto Dayanto (53), Mussahada (53), Esti S (37) dan Widyo S (32).

Adapun pendukung Konferda PWI DIY tahun ini antara lain Bank BNI, Bank BRI, Bank BPD DIY, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Aisyiyah (Unnisa) Yogyakarta, PT Taman Wisata Candi (TWC), M Afnan Hadikusumo, Gembira Loka Zoo, Dr H Achiel Suyanto SH MH MBA, Drs HM Gandung Pardiman MM dan Kebon Bunga. (Yan)

Read previous post:
87 Hajatan, 80 Persen Langgar Aturan Jaga Jarak

KARANGANYAR (MERAPI) - Satpol PP Kabupaten Karanganyar mendapati aturan jaga jarak diabaikan para tamu hajatan. Parahnya, panitia penyelenggara seakan acuh

Close