Semaki Diproyeksikan Jadi Kampung Cerdas

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kampung-kampung di Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta diproyeksikan menjadi Kampung Cerdas. Hal itu menyusul adanya pemasangan internet publik gratis (wifi) di 10 RW di Kelurahan Semaki. Keberadaan internet gratis itu akan membantu warga untuk belajar online dan meningkatkan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Awalnya warga mau beli jaringan internet. Tapi dapat bantuan wifi ini. Kami akan sosialisasikan pemanfaatan internet publik ini ke warga,” kata Lurah Semaki, Didik Setiyadi, saat peluncuran Kampung Cerdas di Kampung Sangrahan, Semaki, Kamis (23/7).

Dia menuturkan dengan Kampung Cerdas selain pemasangan internet publik gratis adalah fokus mengubah karakter warga agar cerdas memanfaatkan internet untuk kehidupan. Misalnya pemberdayaan warga. Beberapa kampung memiliki potensi untuk dikembangkan dengan adanya internet gratis misalnya Kampung Sanggrahan lewat kampung online, kuliner dan literasi.

“Di Sanggrahan, internet wifi dipasang di pos ronda. RW lain ada yang dipasang di masjid. Bisa untuk belajar online anak-anak. Sebelumnya, akses internet pakai pulsa,” tambah Ketua Kampung Sanggrahan, Supadi.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Tri Hastono menyebut ada 10 titik wifi yang dipasang di tempat-tempat publik di 10 RW di Kelurahan Semaki. Masyarakat yang memanfaatkan internet harus datang ke lokasi wifi publik itu dipasang dan 24 jam bisa diakses. Pembentukan kampung cerdas itu untuk mendukung Yogya sebagai smart city.

“Pemasangan wifi ini dibantu pihak swasta. Kami pilih Semaki karena secara stake holder kampung siap dan proaktif untuk menjadi kampung cerdas. Kami pastikan akes internet difilter, sehingga konten yang diakses aman untuk anak,” ucap Tri Hastono.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, Kampung Cerdas mendorong pihak swasta untuk membantu fasilitas internet bagi masyarakat. Terutama untuk mendapat akses internet yang terjangkau dibandingkan harus membeli pulsa. Selain itu pembentukan Kampung Cerdas untuk menyiapkan masyarakat melek teknologi informasi. (Tri)

Read previous post:
KI AGENG SUKADANA SESEPUH MATARAM YANG DIHORMATI (4-HABIS) – Nama Sendang Talang Warih untuk Mengenang Sang Istri

Ki Ageng Giring kemudian menamakan sebuah kali yang keletakannya tidak jauh dari Giring dengan nama Kali Gowang. Selain itu, Ki

Close