IPL TOL YOGYA-SOLO DITEKEN SULTAN-Warga Terdampak Sepakat, Patok Segera Dipasang

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Izin Penetapan Lokasi (IPL) proyek pengerjaan jalan tol Yogyakarta-Solo akhirnya disetujui Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Hal ini diungkapkan Sekda DIY, Baskara Aji kepada wartawan di Kepatihan, Rabu (8/7).

“Sudah beberapa waktu lalu. Sudah seminggu lebih,” ungkap Aji.

Aji mengungkapkan tidak ada masyarakat yang keberatan dan berharap tidak ada masalah apapun sehingga segera bisa dilanjutkan pemasangan patok dan proses lainnya.

“Sudah tidak ada lagi yang keberatan. Mudah-mudahan tidak ada masalah. Setelah sosialisasi, IPL sudah ada kan kita lanjutkan pemasangan patok dan seterusnya,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Pemda DIY, Krido Suprayitno mengatakan, persiapan pemasangan patok segera di mulai awal bulan Agustus bekerja sama dengan Satker terkait.

“Persiapan pemasangan patok jalan tol Yogya-Solo dimulai minggu pertama Agustus,” ungkapnya.

Adapun untuk pembebasan tanah paling lama memakan waktu dua tahun sejak dimulainya pemasangan patok. “Paling lama 2 tahun (sejak) kita mulai pasang patok,” imbuhnya.

Agar diketahui, selanjutnya akan ada rangkaian proses inventarisasi dan identifikasi yang meliputi pengukuran tanah, penghitungan volume bangunan, pendataan spesifikasi rumah, pendataan tanaman, dan penghimpunan data yuridis kepemilikan tanah.

Setelah diumumkan secara resmi di media massa, Dirjen Binamarga akan mengajukan permohonan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) DIY guna pembentukan kepanitiaan pengadaan tanah yang selanjutnya akan mendelegasikan pada kabupaten yang dilintasi jalan tol. (C-4)

Read previous post:
Pembangunan Lima Jembatan di Bantul Ditarget Selesai September

BANTUL (MERAPI) - Pembangunan fisik lima jembatan untuk menggantikan jembatan yang roboh akibat banjir dampak badai siklon tropis Cempaka pada

Close