Penerima Bansos Tunai di Kota Yogya Berkurang 5.404 KK

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Bantuan sosial (bansos) tunai tahap kedua dari Pemkot Yogyakarta bagi warga terdampak wabah Covid-19 didistribusikan melalui Kantor Pos. Jumlah penerima bansos tunai tahap kedua itu terkoreksi atau berkurang sebanyak 5.404 Kepala Keluarga (KK) dari data awal.

“Kami sudah luncurkan bantuan sosial tahap kedua melalui Kantor Pos. Setelah dilakukan penelusuran dan kroscek, ada penurunan jumlah penerima dari data semula,” kata Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Selasa (19/5).

Heroe menjelaskan jumlah penerima bansos tahap kedua dari APBD Kota Yogyakarta mencapai sebanyak 3.833 KK. Jumlah itu terdiri atas 2.961 KK dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tapi tidak menerima program Kementerian Sosial dan 872 KK dari Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) atau KMS tahun 2018.

Dia menyebut data semula sasaran bansos tahap kedua ada 1.005 KK dari KSJPS tahun 2018 dan 8.331 KK DTKS. Oleh sebab itu ada penurunan jumlah penerima bansos tahap kedua 5.271 KK dari DTKS non program dan 133 KK dari KSJPS tahun 2018. “Penurunan itu karena setelah ditelusuri dan dicek, mereka sudah menerima bansos. Sesuai aturan, penerima tidak boleh menerima dobel bantuan. Dengan koreksi itu kami yakin tidak ada bantuan ganda dalam penyaluran bansos,” jelasnya.

Dia menegaskan data penerima KMS tahun 2018 disasar bansos tunai dari Pemkot Yogyakarta karena baru mentas dari KSJPS tiga bulan lalu. Mereka sudah tidak masuk dalam data KSJPS tahun 2019 karena secara ekonomi sudah mampu. Kemudian ada wabah Covid-19 sehingga kondisinya rentan terdampak secara ekonomi.

Pada 12 Mei lalu bansos tunai tahap satu dari Pemkot Yogyakarta telah dicairkan kepada 4.396 KK dari data KSJPS tahun 2019. Dengan demikian total penerima bansos dari Pemkot Yogyakarta mencapai 8.229 KK. Nilai bansos senilai Rp 1,8 juta untuk paket tiga bulan April, Mei dan Juni.

Selain itu pada Selasa sampai Kamis (19-21/5) ada panyaluran bansos tunai dari Pemda DIY kepada penerima Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Untuk wilayah Kota Yogyakarta total sebanyak 39.875 KK dari tiga kelompok program itu yang menerima Bansos dari Pemda DIY.

“Penyaluran bansos dari provinsi melalui kelurahan. Bansos dari provinsi itu untuk top up (tambahan bansos) bagi warga penerima PKH, BPNT dan KKS untuk bulan April, Mei dan Juni, sehingga bantuan diterima sama dengan program lainnya,” ucap Heroe. (Tri)

Read previous post:
MERAPI-ANTARA/LUQMAN HAKIM Warga berebut Gunungan Grebeg Syawal di Halaman Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Rabu (5/6).
Lebaran Tahun Ini Tanpa Garebeg Sawal

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat memutuskan meniadakan acara tradisi Hajad Dalem Garebeg Sawal 1441 H yang sedianya akan

Close