Tes SKB CPNS Ditunda

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kelanjutan tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkot Yogyakarta formasi tahun 2019 masih belum jelas. Namun dipastikan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tahun 2019 ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

“Informasi dari pusat, pelaksanaan SKB ditunda. Tapi ditundanya sampai kapan belum tahu,” kata Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Yogyakarta, Ary lryawan, Jumat (1/5).

Ary menyatakan, berdasarkan tata kala seleksi CPNS formasi tahun 2019, pelaksanaan SKB dijadwalkan pada 25 Maret sampai 10 April 2020. Lalu ada wabah Covid-19, sehingga pemerintah pusat memutuskan menunda tes SKB. Sampai kemarin pihaknya juga belum menerima perkembangan informsi terkait SKB CPNS tahun 2019.

“Belum ada perkembangan informasi dari pusat sampai kemarin. Yang jelas ditunda. Tapi tetap lanjut seleksinya. Sampai kapan penundaan, melihat perkembangan wabah Covid-19,” paparnya.

Total ada 1.003 pelamar CPNS Pemkot Yogyakarta formasi tahun 2019 yang berhak mengikuti tes SKB. Para pelamar itu sebelumnya telah lolos mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diikuti 3. 098 pelamar. Sedangkan rekrutmen CPNS Pemkot Yogya tahun 2019 hanya untuk 419 formasi.

“Kartu ujian peserta tidak boleh hilang. Disimpan sampai waktu seleksi SKB ditentukan. Kami harap peserta yang lolos memantau informasi,” imbuh Ary.

Dengan adanya penundaan proses seleksi CPNS tahun 2019 itu diakuinya pemenuhan kebutuhan pegawai Pemkot Yogyakarta juga tertunda. Misalnya harusnya pertengahan tahun sudah terisi formasinya, ini belum terisi. “Itu memang prioritas, tapi karena situasi seperti ini, jadi pemenuhan kebuthan pegawai jadi tertunda,” ujarnya.

Menurutnya kebutuhan pegawai hampir di semua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Yogyakarta. Formasi CPNS tahun 2019 itu juga sesuai kebutuhan kekurangan pegawai yang merata di semua OPD. Dicontohkan kebutuhan pegawai yang mendesak yakni kecamatan.

“Kecamatan itu vital karena berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat. Personel di wilayah kecamatan sangat kekurangan. Pada formasi CPNS tahun 2019 untuk wilayah kecamatan dibuka beberapa orang,” tandas Ary. (Tri)

Read previous post:
Baru Bebas, Napi Asimilasi Frustasi

Close