Pelaku Pariwisata dan Industri Kreatif Yogya Terdampak Corona Dibantu 15.000 Paket Sembako

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) menyerahkan 15.000 bantuan berupa paket sembako bagi pelaku pariwisata dan industri kreatif di Yogyakarta.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Event) Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa mengatakan, Kemenparekraf/ Baparekraf telah melakukan realokasi anggaran untuk penanganan dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan akan terus dikembangkan.

“Dengan bantuan ini diharapkan dapat membantu pelaku pariwisata khususnya di Yogyakarta yang sangat terdampak akibat adanya pandemi Covid-19,” ungkapnya di Gedung Wana Bhakti Yasa, Jumat (24/4).

Secara teknis, penyaluran bantuan akan dilakukan Dinas Pariwisata DIY. Diserahkan bagi mereka yang terkena PHK maupun dirumahkan serta tidak digaji lebih dari tiga pekan. Nantinya distribusi bantuan turut dikawal Polda DIY dan jajarannya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar, Staf Khusus Menparekraf Bidang Keamanan, Brigjen Pol Adi Deriyan Jayamarta SIK MH dan Kepala Dinas PAriwisata DIY Singgih Raharjo serta perwakilan dari Asosiasi andong, pengelola desa wisata, pekerja event, pengelola tempat wisata hingga pengelola homestay.

Pada kesempatan tersebut, Rizki mengatakan apresiasi dan menyampaikan ke depan akan ada program perlindungan sosial bagi pekerja pariwisata, serta menyiapkan stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha dan ekonomi kreatif seperti yang diungkapkan Presiden Joko Widodo usai rapat terbatas terkait mitigasi dampak Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.  (C-4)

Read previous post:
Nipu Pakai Telur, Komplotan Penjahat Raup Rp 11 Juta

Close