DPRD DIY Dukung Penggunaan Dana Tidak Terduga Rp 14,8 Miliar untuk Penanganan Covid-19

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Komisi A DPRD DIY mendukung penggunaan dana tidak terduga senilai Rp 14,8 miliar agar dapat dimaksimalkan oleh Pemda DIY dalam operasi penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Tentu saja tidak harus semua digunakan tetapi akan dicek sesuai kebutuhan yang ada dan jika dana masih dirasa kurang maka Komisi A akan mendiskusikan kembali kepada Pemda untuk melakukan re-design APBD tahun 2020,” ungkap Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dalam jumpa pers di DPRD DIY, Rabu (18/3).

Komisi A juga memberikan rekomendasi kepada Pemda DIY untuk melakukan konsolidasi dalam operasi penanganan dan persebaran virus, termasuk pemanfaatan dana tak terduga dari kabupaten kota di DIY.

“Sehingga harapan kita, Pemda DIY plus lima Kabupaten Kota dapat melakukan penyelarasan, perencanaan, maupun penganggaran dalam mendukung operasi penanganan dan pencegahan Covid-19,” imbuhnya.

Dikatakan Eko, saat ini terdapat aktivis yang aktif pada forum pengurangan risiko bencana yang tersebar di 248 desa dan kelurahan yang siap untuk membantu sosialisasi dan edukasi penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Masing-masing desa ada 30 aktivis yang dilibatkan. Di lingkungan Pemda juga terdapat 30.858 Satlitmas yang akan diajak berpartisipasi melakukan sosialisasi dan edukasi dengan konten dari Dinas Kesehatan DIY,” jelasnya.

Selain itu juga direkomendasikan agar sosialisasi dan edukasi dilakukan melalui teknologi informasi dan telekomunikasj maupun konvensional dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Ditambah penggunaan co-working space di kantor Diskominfo DIY yang dapat dimanfaatkan untuk sosialisasi.

Pada kesempatan tersebut, Komisi A DPRD DIY juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemda, TNI, Polri, tenaga medis dan semua yang bekerja selama keras dan luar biasa melakukan penanganan, pencegahan dalam penanganan Covid-19. (C-4)

Read previous post:
POPDA DIY 2020 – Sleman Juara Umum Angkat Besi

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Kabupaten Sleman menjadi juara umum cabor angkat besi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY 2020 di

Close