Warga Tegalrejo Diajak Gemar Makan Ikan

TEGALREJO (HARIAN MERAPI) – Dinas Kelautan dan Perikanan DIY mengadakan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) pada kegiatan posyandu lansia di Tegalrejo Yogyakarta, Kamis (5/3). Peserta yang sebagian besar kaum ibu diberikan penyuluhan tentang pentingnya Gemarikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Ir Bayu Mukti Sasongko MSi mengutarakan, kegiatan sosialisasi, kampanye dan pelatihan berkaitan dengan Gemarikan akan dilaksanakan sebanyak 88 kali dalam setahun ditujukan untuk anak-anak dan masyarakat umum.

“Tujuannya untuk memberikan keterampilan sekaligus mengubah cara pandang masyarakat bahwa mengkonsumsi ikan sangat dibutuhkan bagi semua usia untuk kesehatannya. Kami harapkan mereka juga bisa mengolah dan menyediakan makanan berbahan dasar ikan, seperti nugget, bakso, maupun olahan lain bagi keluarganya. Dengan adanya menu variatif ini, diharapkan masyarakat akan menyukai masakan ikan,” terang Bayu.

Kegiatan kampanye Gemarikan disambut antusias peserta. Mereka dijelaskan mengenai cara memilih ikan yang sehat, manfaat mengkonsumsi ikan, kandungan gizi dalam ikan oleh Kasi Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Bambang Suminto SH. Pada kegiatan itu, peserta juga mendapat menu olahan ikan berupa bakso ikan.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, perwakilan anggota DPRD DIY Komisi B, RB Dwi Wahyu Budiyantoro SPd MSi. Melalui kampanye ini Dwi mengulas mengenai manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan. Ia berharap masyarakat dapat termotivasi untuk mengolah ikan.

Pada Rabu (4/3) lalu juga diadakan sosialisasi Gemarikan yang dilanjutkan dengan demo masak ikan PKK Sorosutan Umbulharjo. Pada 10 Maret 2020 mendatang juga akan dilaksanakan sosialisasi restocking di Dusun Sungapan Argodadi Sedayu. (Tri)

Read previous post:
Bagi Bu Tutik, Jualan Tas Kulit via Online dan Offline Sama-sama Kencang

TAS kulit berkualitas keawetannya ditanggung tahan lama, bahkan bisa lebih dari lima tahun asalkan terjaga dari kotoran seperti minyak. Tetapi,

Close