Empat Dinas di Pemkot Yogya Masih Dipimpin Pelaksana Tugas

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Sebanyak dua pejabat kepala dinas di lingkungan Pemkot Yogyakarta dirotasi untuk mengisi jabatan asisten sekretaris daerah yang masih kosong. Namun penataan pegawai itu menyisakan empat kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang masih diisi pelaksana tugas (Plt).

Dua pejabat kepala dinas yang dirotasi dan dilantik, Selasa (3/3), yakni Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sisruwadi menjadi Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Rakyat. Sedangkan jabatan Kepala Disdukcapil digantikan Lucy Irawati yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Pelantikan pejabat ini adalah dinamika organisasi. Mengubah paradigma zona nyaman ke zona kompetitif,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai pelantikan jabatan tinggi pratama di Balaikota, Selasa (3/2).

Diakuinya masih ada 4 kepala OPD Pemkot Yogyakarta yang dijabat Plt yakni kepala Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UKM Nakertrans, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang serta Dinas Pemuda dan Olahraga. Namun dia mengatakan pengisian pejabat definitif tersebut tengah dipersiapkan Pemkot karena harus melalui mekanisme seleksi lelang terbuka.

“Proses sedang berjalan. Proses pengisian jabatan tinggi pratama melalui mekanisme panitia seleksi. Sedang disiapkan prosesnya, maka bukan tidak mungkin dalam waktu dua bulan ada pelantikan lagi,” jelas Haryadi.

Meski demikian pihaknya belum dapat memastikan pengisian kepala OPD yang nantinya akan digabung dengan dinas terkait sesuai peraturan perda kelembagaan. Misalnya Dinas Pemuda dan Olahrga yang rencananya digabung dengan Dinas Pendidikan.

“Itu menunggu proses pengisian. Tapi untuk struktur organisasi dan tata kerja kelembagaan yang berlaku di tahun 2021,” imbuh Haryadi. (Tri)

Read previous post:
Festival Literasi Nasional 2020 Digelar di Solo

GERAKAN Menulis Buku Indonesia (GMB-Indonesia) kembali menggelar Festival Literasi Nasional (FLN) 2020 pada 12 Maret 2020, di Grha Wisata Niaga

Close