Pemda DIY Pangkas 1.600 Kegiatan

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemda DIY memangkas 1.600 kegiatan dalam kurun waktu 5 tahun demi tingkatkan sinkronisasi, kemudahan pengendalian, peningkatan belanja publik dan prioritas program strategis.

“Hal ini untuk meminimalisir ekploitasi anggaran dan telah mengefisiensi sebanyak 79 struktur dalam kelembagaan daerah. Fokus pada efisiensi bukan pada serapan anggaran,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY Budi Wibowo kepada wartawan di Kepatihan, Jumat (21/2).

Oleh karena itu pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) RI berencana berikan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemda (SAKIP) pada Pemda DIY, Senin (24/2) di Hotel Tentrem Yogyakarta.

Capaian SAKIP DIY mengalami perbaikan dari tahun ke tahun. Sejak 2014, Pemda DIY sudah mendapatkan nilai kategori A yang pertama dan tertinggi nasional dan dapat dipertahankan selama 4 tahun.

“Bahkan pada 2018, nilai SAKIP Pemda DIY tembus kategori AA, tertinggi dan pertama secara nasional,” imbuh Budi.

SAKIP sendiri merupakan sistem berkelanjutan manajemen tata kelola pemerintah daerah yang berorientasi pada capaian hasil melalui beberapa perubahan yang dilakukan secara terukur. Implementasi SAKIP bermanfaat untuk peningkatan pelayanan publik, mempermudahh pertanggungjawaban kinerja, mengeser belanja aparatur ke belanja publik, pengukuran kinerja organisasi hingga individu, merubah budaya kerja.

“Dapat merubah budaya kerja, sehingga ASN dapat bekerja makin efektif dan efisien,” imbuhnya.

Budi mengatakan sesuai arahan Gubernur DIY, bahwa nilai yang diperoleh bukan tujuan utama namun sebuah refleksi pada apa yang sudah dilakukan Pemda DIY selama ini. Pihaknya siap untuk menerima nilai SIKAP 2019 minggu depan yang dihadiri Menteri PANRB Tjahjo Kumolo beserta jajarannya dan dihadiri sekitar 1000 peserta.

“Secara kualitas capaian dari tahun ke tahun meningkat seiring perubahan yang dilakukan Pemda DIY demi menajwab tangangan jaman. Pemda DIY siap menerima SAKIP tahun 2019,” tutup Budi. (C-4)

Read previous post:
REVITALISASI POJOK BETENG LOR WETAN-Tersisa Satu Bangunan Belum Dikosongkan

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Proyek Pojok Beteng Lor Wetan saat ini memasuki babak baru yakni tahap land clearing atau pembersihan

Close