Gedung DPRD DIY Bakal Dipindah ke Lapangan Panahan Kenari

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Gedung DPRD DIY di Jalan Malioboro Yogyakarta bakal pindah di Jalan Kenari yang saat ini dijadikan lapangan panahan. Dewan mengambil inisiatif meminta Pemda DIY agar dapat memindahkan kantor wakil rakyat tersebut.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X meninjau langsung calon lokasi gedung baru DPRD DIY, Rabu (5/2) siang. Awalnya ada dua opsi yakni di sebelah barat kantor BPBD DIY dan lokasi lapangan panahan, keduanya sama-sama di Jalan Kenari.

Namun setelah Sultan menyaksikan langsung, ia memilih opsi di lapangan panahan dengan luas 1 hektare. Lokasi tersebut menurut Sultan lebih representatif dengan penampang luas jika dibandingkan lokasi di barat BPBD DIY.

“Ini lebih bagus di sini (lapangan Kenari), satu hektare saja kok jadi tetap tidak mengganggu fasilitas olahraga kan bisa di belakang itu. Kalau saya inginnya kantor wakil rakyat itu ya wangun, di sini lebih cocok,” ungkap Sultan usai peninjauan.

Terkait kapan akan mulai dibangun, pemda masih akan menanti proses tahapan seperti menanti adanya detail engineering design (DED) yang paling cepat baru bisa dilakukan enam bulan pun menanti APBD perubahan. “Belum tahu kapan bisa, nanti menunggu tahapan pembangunannya, masih menunggu DED dulu,” sambung Sultan.

Sementara Ketua DPRD DIY Nuryadi menilai gedung kantor baru wakil rakyat sekaligus rumah aspirasi masyarakat DIY sangat mendesak untuk dipindahkan. Menurut dia, gedung saat ini tak lagi mencukupi untuk mengakomodasi aspirasi masyarakat karena letaknya yang berada di pusat perekonomian Malioboro.

“Kalau ada yang mau menyampaikan aspirasi nanti mengganggu perekonomian. Jadi biarlah Malioboro jadi pusat ekonomi, kalau mau menyampaikan aspirasi di sini (Jalan Kenari) saja kan luas ini,” tandas politisi PDI Perjuangan. (KRJogja.com)

Read previous post:
PELAJAR SMP BENTROK BAWA CLURIT DI JALAN KALIURANG-Polisi: Bukan Klitih Tapi Tawuran

NGAGLIK (MERAPI)- Empat pelajar SMP diamanakan aparat Polsek Ngaglik, Selasa (4/2) petang saat hendak tawuran di Jalan Kaliurang Km 10,

Close