Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro Digelar Hari Jumat

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Uji coba semi pedestrian Malioboro akan kembali dilaksanakan di luar hari Selasa Wage. Pekan ini uji coba semi pedestrian Malioboro bakal digelar Jumat (7/2) dengan melarang kendaraan bermotor melewati Jalan Malioboro sampai Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

”Kami coba laksanakan di hari Jumat untuk mengetahui tren atau pola lalu lintas di sekitar Malioboro. Saat mendekati libur akhir pekan di luar libur panjang seperti apa,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Windarto, Rabu (5/2).

Dia menyatakan hari Jumat dipilih karena belum diujicobakan semi pedestrian Malioboro saat mendekati akhir pekan. Di samping itu saat mendekati akhir pekan volume kendaraan yang ke Malioboro mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya.

“Selama ini volume kendaraan ke Malioboro paling tinggi di hari Sabtu. Tapi hari Jumat itu sudah mulai ada peningkatan volume kendaraan ke Malioboro,” ujarnya.

Uji coba semi pedestrian Malioboro pada Jumat (5/2) akan dilaksanakan mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Dia menjelaskan untuk pengaturan lalu lintas yang diterapkan masaih sama dengan uji coba semi pedestrian saat Selasa Wage. Hanya yang membedakan pada Jumat (7/2) pedagang kaki lima (PKL) Malioboro tidak libur. Selain itu tidak ada kegiatan hiburan yang biasanya diadakan setiap Selasa Wage.

“Pengaturan lalu lintasnya sama dengan uji coba semi pedestrian sebelumnya. Kendaraan bermotor tidak boleh melewati Jalan Malioboro. Sirip-sirip jalan di Malioboro dibuat dua arah, tapi tidak kendaraan bermotor tidak boleh masuk Malioboro,” terang Windarto.

Diakuinya saat uji coba semi pedestrian Malioboro pada Selasa Wage berdampak pada volume kendaran di Jalan Letjen Suprapto melonjak. Dia menyampaikan lonjakan volume lalu lintas itu karena kendaraan dari arah utara ke selatan yang biasanya melintas Malioboro beralih ke Jalan Letjen Suprapto.

Sementara itu Kepala Dishub Kota Yogyakarga Agus Arif mengatakan uji coba semi pedestrian Malioboro pada Jumat (7/2) untuk mengetahui dampak lalu lintas di sekitar. Termasuk pengelolaannya jika Jalan Malioboro ditutup untuk kendaraan bermotor pada hari menjelang akhir pekan. (Tri)

Read previous post:
Buaya dengan Moncong Dilakban Berkeliaran di Tepi Sungai

MOYUDAN (MERAPI)- Seekor buaya muara ditemukan warga dalam kondisi mulut dilakban di tepi aliran Sungai Progo bawah jembatan Ngapak, tepatnya

Close