Lomba Lurah Bicara Bakal Diperluas 45 Kelurahan

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Kegiatan Lurah Bicara di Kota Yogyakarta pada tahun 2020 akan diperluas di 45 kelurahan. Kompetisi yang mengasah komunikasi itu dinilai mampu menjadi wadah untuk mengukur kemampuan para lurah.

“Komunikasi itu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemangku wilayah seperti lurah program Lurah Bicara menjadi wadah untuk mengukur kemampuan berkomunikasi,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, usai penyerahan hadiah Lurah Bicara, Kamis (26/12).

Menurutnya kemampuan dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan perangkat di wilayah karena pemangku wilayah adalah ujung tombak kebijakan dan program Pemkot Yogyakarta. Sebagai lurah dituntut untuk mampu memetakan permasalahan di wilayah masing-masing. Termasuk berupaya memberikan gagasan dan solusi mengatasinya. Namun gagasan itu harus berdasarkan data dan fakta.

“Masyarakat harus mengetahui apa yang selama ini sudah dilakukan oleh pemerintah. Itu bisa dilakukan jika para lurah maupun camat pandai berkomunikasi dan didukung data valid,” paparnya.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta Octo Noor Arafat mengatakan, Lurah Bicara yang pertama kali diadakan tahun ini hanya diikuti 14 lurah. Hal tersebut karena keterbatasan waktu dan anggaran. Namun ke depan akan diperluas di 45 kelurahan karena manfaatnya untuk mengasah kemampuan komunikas lurah.

“Sambutannya bagus. Tahun depan akan kami adakan untuk semua lurah dari 45 kelurahan. Kami juga evaluasi agar bisa lebih baik,” tambah Octo.

Dia menuturkan, dalam kegiatan Lurah Bicara itu juga dimanfaatkan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan untuk melihat kemampuan para lurah. Terutama untuk mengukur kemampuan guna kebutuhan jenjang karir sebagai aparatur sipil negara.

Adapun pemenang Lurah Bicara tahun 2019 juara 1 diraih Lurah Rejowinangun Wulan Purwandari, Juara II Lurah Pakuncen Riyan Wulandari, Juara III Lurah Tegalrejo Juwairiyah dan Juara Harapan I Lurah Terban Anif Luhur Kurniawan. Selain itu Lurah Pakuncen Riyan Wulandari juga menyabet penampil terfavorit. (Tri)

Read previous post:
Gerhana Matahari Cincin Hanya Tampak Sebagian di Yogya

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan fenomena langka berupa gerhana matahari cincin (GMC) pada Kamis

Close