Inflasi DIY 2019 Terkendali

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY optimis inflasi DIY pada 2019 terkendali. Kendati ada beberapa kenaikan komoditas menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, peningkatan trafik angkutan udara yang disebabkan oleh aktivitas Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) dan kenaikan cukai rokok awal 2020 dan direspons oleh produsen dengan meningkatkan harga secara bertahap sejak Oktober.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Hilman Tisnawan dalam rilis yang diterima Merapi mengatakan, pada November 2019 DIY mengalami inflasi sebesar 0,31 persen, disebabkan oleh peningkatan tekanan inflasi pada kelompok harga bergejolak (volatile food).

“Kelompok harga yang diatur pemerintah (administered prices) mengalami tekanan inflasi yang relatif terbatas. Sementara itu, tekanan inflasi inti (core inflation) cenderung menurun dibandingkan bulan sebelumnya,” ungkapnya, Selasa (3/12).

Kelompok volatile food tercatat mengalami inflasi 0,87 persen, disebabkan oleh kenaikan harga komoditas bawang merah, daging ayam ras, dan telur ayam ras. Pada komoditas bawang merah, musim panen yang telah berakhir di beberapa sentra produksi di Bantul dan Gunungkidul menyebabkan pasokan di pasar semakin terbatas sehingga harga cenderung meningkat.

Adapun kelompok administered prices juga mengalami inflasi 0,19 persen dipicu oleh kenaikan harga tiket angkutan udara dan rokok putih. Sesuai siklusnya, trafik angkutan udara cenderung meningkat di akhir tahun. Peningkatan aktivitas MICE turut berperan meningkatkan permintaan transportasi, khususnya angkutan udara.

Sementara, pada kelompok inti mengalami inflasi 0,21 persen, cenderung menurun dibanding tekanan inflasi bulan sebelumnya. Deflasi harga emas perhiasan sebesar -0,89 persen (mtm), sebagai dampak dari penurunan harga emas dunia, menjadi sumber utama menurunnya tekanan inflasi inti.

Hilman berharap melalui koordinasi yang semakin baik dan langkah-langkah yang cermat, TPID DIY optimis pada akhir 2019 inflasi DIY akan tetap terkendali dan berada pada kisaran target yang ditetapkan. (C-4)

Read previous post:
YIA Rawan Macet Saat Nataru

TEMON (HARIAN MERAPI) - Area sekitar Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kulonprogo, diprediksi menjadi salah satu titik kemacetan

Close