Warga Antusias Akses Layanan Kependudukan di Mal

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta melakukan uji coba pelayanan administrasi kependudukan di pusat perbelanjaan atau mal. Meskipun tidak buka setiap hari, tapi masyarakat yang mengakses layanan kependudukan di mal cukup tinggi.

“Sejak awal November kami melakukan uji coba pelayanan administrasi kependudukan di mal. Hasilnya mulai ada peningkatan jumlah warga yang mengakses,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dindukcapil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo, Rabu (27/11).

Uji coba pelayanan adminsitrasi kependudukan dilakukan di Lippo Mall setiap Selasa, Rabu dan Kamis mulai pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB. Uji coba pelayanan administrasi kependudukan itu dilakukan menggunakan mobil pelayanan adminduk. Uji coba juga dilakukan saat Selasa Wage di Malioboro Mall.

Dia menyebut uji coba pelayanan administrasi kependudukan di Lippo Mall kini di akes berkisar 10 sampai 15 pelayanan. Sedangkan saat Selasa Wage di Malioboro Mall antuasiasme tinggi dari perkiraan diakses 100 orang ternyata mencapai 250 orang.

“Saat Selasa Wage kemarin yang datang di luar perkiraan. Di awal sempat ada kendala teknis di daya listrik, tapi pelayanan tetap dilakukan. Selasa wage selanjutnya akan lebih disiapkan,” tambahnya.

Administrasi kependudukan yang dilayani di mal adalah pelayanan kartu identitas anak (KIA), rekam data KTP elektronik, perubahan kartu keluarga dan pindah datang. Rencananya ada fasilitas corner atau tempat untuk pelayanan administrasi kependudukan di satu mal pada tahun 2020.

“Prioritas pada layaan KIA. Mal dipilih karena kami ingin mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Sambil jalan-jalan di mal bisa mengakses pelayanan,” papar Bram.

Diakuinya aktivitas di mal lebih ramai di malam hari. Tapi untuk membuka layanan kependudukan hingga malam masih terkendala keterbatasan sumber daya manusia. Sedangkan kini, lanjutnya, rekrutmen petugas teknis sendiri tidak bisa dilakukan. (Tri)

Read previous post:
GAGAL NANJAK DI JALUR EKSTREEM DLINGO-Bus Nyemplung Jurang, 5 Anak-anak Selamat

DLINGO (MERAPI)- Jalur ekstreem di Lembah Kaliurang, Dlingo, Bantul kembali memakan korban. Kali ini sebuah bus berpenumpang terjun bebas ke

Close