UJI COBA SEMI PEDESTRIAN MALIOBORO-Lebih Kondusif di Luar Selasa Wage

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Uji coba semi pedestrian Malioboro di luar Selasa Wage dinilai lebih kondusif dari sisi lalu lintas di sekitar kawasan itu. Tidak ada lonjakan kepadatan lalu lintas di sekitar Malioboro saat uji coba semi pedestrian pada Selasa (19/11) Pon.

“Dari hasil pantauan di lapangan dan kamera CCTV, lalu lintas lebih kondusif. Kepadatan lalu lintas tidak separah seperti saat Selasa Wage,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Windarto, Rabu (20/11).

Ia menyatakan selama ini setiap Jalan Malioboro ditutup untuk kendaraan bermotor guna uji coba semi pedestrian, dampaknya pada lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto. Pasalnya Jalan Letjen Suprapto adalah jalan menuju ke selatan bagi pengendara di sekitar kawasan Malioboro.

“Kemarin ada tambahan kepadatan lalu lintas tapi tidak signifikan. Misalnya di Jalan Letjen Suprapto antrean kendaraan tidak separah saat Selasa Wage yang biasanya mendekati hingga Jalan KS Tubun,” terangnya.

Dia menyampaikan pada sore hari atau jam sibuk pulang kerja ketika semi pedestrian Malioboro pada Selasa (19/11), kondisi lalu lintas tidak melonjak signifikan. Kondisi lalu lintas cenderung seperti biasa saat Jalan Malioboro tidak ditutup untuk kendaraan bermotor.

Dengan kondisi lalu lintas yang berbeda signifikan saat semi pedestrian pada Selasa Wage dan di luar Selasa Wage, pihaknya belum dapat menyimpulkan untuk kebijakan lebih lanjut. Menurutnya perlu dicari penyebab kondisi lalu lintas berbeda jauh ketika uji coba semi pedestrian di Selasa Wage dan luar Selasa Wage.

Saat uji coba semi pedestrian pada Selasa Wage, pedagang kaki lima Malioboro libur. Namun kondisi lalu lintas di sekitar kawasan Malioboro melonjak menjelang sore saat berbagai kegiatan hiburan ditampilkan di Selasa Wage. Dia menilai kegiatan itu bisa memicu orang untuk melakukan perjalanan dan datang ke Malioboro, sehingga lalu lintas meningkat. (Tri)

Read previous post:
Ungkap Bisnis Narkoba, Polisi Kerjasama dengan Jasa Pengiriman

DEPOK (MERAPI)- Ditresnarkoba Polda DIY berhasil menangkap tiga orang pengedar dan pemakai narkotika jenis sabu dan ganja dalam rangkaian operasi

Close