Smart Sentra Dukung IKM Kotagede dan Lendah

KOTAGEDE (HARIAN MERAPI) – Yogyakarta menjadi proyek percontohan peningkatan nilai tambah sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) berbasis pasar. Sentra IKM Batik Lendah Kulonprogo dan Sentra IKM Kerajinan Kotagede ditunjuk dalam pelaksanaannya dengan dimonitor oleh aplikasi Smart Sentra sebagai media pembelajaran online dan monitoring program.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI, Gati Wibawaningsih mengatakan, aplikasi Smart Sentra berupaya mendorong agar industri segera beradaptasi menuju era industri 4.0.

“Pendekatan melalui Smart Sentra lebih efektif, memudahkan komunikasi, dan membuat terintegrasi sentra sejenis saling berdiskusi dengan mentor, serta memudahkan Ditjen memonitor,” ungkapnya saat Softlaunching Design Lab dan Smart Sentra di Omah Dhuwur Restaurant, Sabtu (19/10).

Ia menjelaskan kualitas produk dan penjualan digital saja tidak cukup, namun diperlukan desain produk yang menarik sebab penjualan digital biasa dilihat secara visual. Ia mendorong dibuat Jogja Creative Industry Center, semacam sekolah untuk berkumpulnya orang-orang kreatif yang saling belajar dan berbagi ilmu, sehingga program Design Lab Sentra IKM dapat terus dilaksanakan.

Berdasarkan survei khusus ekonomi kreatif yang dilakukan BPS dan Bekraf, produk domestik bruto (PBD) ekonomi kreatif mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pada 2018 mengalami kenaikan Rp 1.105 triliun atau 10 persen dari tahun sebelumnya. Nilai ekspor pada sektor ekonomi kreatif mencapai USD 19,99 miliar atau sekitar 13,77 persen dari nilai ekspor Nasional dengan kontribusi terbesar subsektor kuliner, fesyen dan kriya.

Gati berharap melalui program desain lab dapat mendorong terciptanya produk-produk berkualitas dan sesuai permintaan pasar. “Sehingga dapat meningkatkan pendapatan IKM di sentra dan meningkatkan daya saing produk lokal,” imbuhnya. (C-4)

Read previous post:
Kadipaten Pakualaman Buka Pawiyatan Sindhen

PAKUALAMAN (HARIAN MERAPI) - GKBRAy Paku Alam X berharap adanya kegiatan Pawiyatan Sindhen Murya Widyaswara yang diselenggarakan Kawedanan Ageng Kabudayan

Close