Korem 072/Pamungkas Gelar Upacara Kesaktian Pancasila

DALAM rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Korem 072/Pamungkas menggelar upacara bertempat di lapangan apel Makorem setempat, Selasa (1/10). Bertindak selaku Inspektur Upacara Kasrem Kolonel Kav Puji Setiono. Upacara kali ini diikuti seluru prajurit tamtama, bintara, perwira dan Pegawai Negri Sipil (PNS) jajaran Korem 072/Pamungkas.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diawali dengan penghormatan tanda kebesaran Pancasila dengan dibacakannya Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Ikrar kebulatan tekad prajurit TNI AD untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Kolonel Puji Setiono menyampaikan, bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila, sangat berkaitan erat dengan peristiwa G 30 S/PKI, dimana pada tanggal 30 September 1965 terjadi insiden yang merenggut nyawa enam Jenderal TNI-AD dan sekian banyak anak bangsa lainnya yang di bunuh oleh PKI secara kejam dan keji. Hal tersebut sebagai upaya kudeta dengan tujuan mengubah Ideologi Pancasila menjadi Ideologi komunis, namun karena ampuh dan saktinya Pancasila, yang terpatri kokoh sebagai pemahaman dan keyakinan dalam diri setiap anak Bangsa Indonesia, maka upaya PKI pun gagal.

“Sebagai Prajurit dan PNS jajaran Korem 072/Pamungkas, yang juga sebagai generasi penerus perjuangan para pahlawan revolusi dalam melaksanakan tugas pokok mengawal Pancasila, seluruh jajaran Korem 072/Pamungkas memiliki kewajiban untuk senantiasa menjaga kokohnya Pancasila sebagai dasar Falsafah Bangsa dan Negara Indonesia, dari rongrongan kelompok-kelompok tertentu yang ingin merubahnya,” tegas Kasrem 072/Pamungkas. (Fin)

.

MERAPI-ZAINURI ARIFIN
Kolonel Puji Setiono bertindak Irup Hari Kesaktian Pancasila

Read previous post:
WARGA RESAH-Lampu Taman Paseban Langganan Dicuri

BANTUL (MERAPI)-Penyebab matinya sebagian lampu Taman Paseban Bantul akhirnya terkuak. Bupati Bantul Suharsono menyebut beberapa lampu taman hilang karena dicuri.

Close