Aplikasi Sikap Percepat Penanganan KDRT

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat peluncuran aplikasi Sikap. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBULHARJO (MERAPI) – Pemerintah Kota Yogyakarta meluncurkan Sistem Informasi Aduan Kekerasan Anak dan Perempuan (Sikap) untuk mempercepat penanganan aduan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Sikap bisa diakses pada aplikasi layanan terpadu Pemkot Yogyakarta Jogja Smart Service (JSS) yang diunduh lewat telepon seluler berbasis android.

“Sikap ini melengkapi layanan aduan yang sudah ada dan jaringan yang terbangun di wilayah. Melalui aplikasi ini harapannya pengaduan terkit kekerasan bisa lebih mudah dan cepat, serta segera ditangani,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta Edy Muhammad di Balaikota, Minggu (30/6).

Jika ada aduan kekerasan melalui Sikap, maka akan ada pemberitahuan yang diterima DPMPPA. Setelah itu akan diteruskan ke petugas dan Satuan Tugas Siap Gerak Atas Kekerasan (Sigrak) di wilayah aduan dan menjangkau korban bersama konselor. psikolog serta konselor hukum untuk mengambil bukti. Apabila mengalami kekerasan fisik korban akan dibawa ke pelayanan kesehatan. Termasuk pendampingan untuk pelaporan ke kepolisian dan melindungi korban ke rumah aman.

Edy menggutarakan, kasus kekerasan di Kota Yogyakarta pada tahun 2018 mencapai 193 kasus dengan korban perempuan, anak-anak dan laki-laki. Sebanyak 40 kasus di antaranya adalah kekerasan anak dan 17 kasus kekerasan pria serta yang paling banyak kekerasan ibu rumah tangga. Dari kasus itu yang bisa diproses hukum sampai pengadilan sekitar 20 kasus kekerasan perempuan dan 5-7 kasus kekerasan anak.

“Jenis kekerasan itu berupa fisik, psikis, seksual dan penelantaran rumah tangga. Sedangkan kasus yang diproses hukum kebanyakan kasus pencabulan anak-anak. Kasus kekerasan lainnya tidak diproses hukum karena kesulitan saksi dan bukti,” jelas Edy. Selain lewat aplikasi Sikap, lanjutnya, aduan KDRT juga bisa disampaikan melalui WhatsApp 08112857799 atau di nomor (0274) 514419.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, aplikasi Sikap bagian dari menjawab perkembangan teknologi itu untuk memberikna kemudahan bagi masyarakat terkait aduan kekerasan.

“Harapannya tidak ada ada lagi kekerasan dan keluarga sejahtera,” ucap Heroe.

Dalam kesempatan itu juga diadakan peringatan hari lanjut usia dan keluarga nasional. Peringatan bersama itu dinilai menunjukkan kesatuan gerak dan integrasi program yang terarah dan terpadu. (Tri)

Read previous post:
HOT SPRINT CONTEST 2019 – Atlet Sleman Mendominasi

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Atlet Kabupaten Sleman mendominasi turnamen Hot Sprint Contest Seri 5 Piala Bupati Sleman 2019 di lintasan

Close