Borobudur Joglosemar Masuk 10 Destinasi Prioritas

MERAPI-BAMBANG PURWANTO Kunjungan wisatawan lebaran di Pantai Pulangsawal.
Kunjungan wisatawan di Pantai Pulangsawal. (MERAPI-BAMBANG PURWANTO)

YOGYA (MERAPI) – Wisatawan dan investor berpeluang besar sebagai sumber devisa utama untuk memberbaiki <I>current account deficit<P> (CAD) dari sektor jasa. Untuk menggalakkan program ini, dibutuhkan sinergisitas antara pemerintah daerah, pusat dan Bank Indonesia.

“Semester 1 tahun 2018, CAD sebesar 2,6 persen dari Gross Domestic Product (GDP). Pariwisata merupakan sektor yang paling cepat untuk memperbaiki CAD. Pemerintah telah menetapkan jumlah kunjungan wisatawan manca negara sebanyak 20 juta pada tahun depan dengan harapan akan menghasilkan devisa sebesar 17 juta dolar Amerika Serikat,” kata Direktur Eksekutif Departemen Regional 2 Bank Indonesia Dwi Pranoto pada media briefing jelang Rapat Koordinasi Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia (Rakorpusda) di Yogya, Selasa (28/8).

Rakorpusda akan diikuti oleh 7 kementerian, 6 gubernur, 9 bupati dan 2 Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tujuannya untuk sinergisitas antara pemerintah pusat, daerah dan BI. Sebagai akselerasi pengembangan destinasi wisata baru prioritas. Juga mencari solusi konkret terkait permasalahan destinasi pariwisata di Indonesia.

Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Hiramsyah S Thaib menambahkan, untuk menghasilkan devisa, sektor pariwisata harus digarap serius dengan menerapkan 3A2P, yakni Aksesbilitas, Atraksi, Amenitas dan Promosi, Pelaku Pariwisata. Salah satu permasalahan di lapangan adalah aksesbilitas.

Namun, permasalahan itu mendapat angin segar dengan dibangunnya sejumlah bandara internasional di daerah tujuan wisata. Harapannya, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik akan meningkat tajam.

“Dari 10 destinasi wisata yang akan dimaksimalkan, ada 4 yang menjadi prioritas. Yakni Borobudur Joglosemar (Yogya-Solo-Semarang), Danau Toba, Labuan Bajo dan Mandalika,” tandasnya. (Riz)

Read previous post:
ilustrasi
Gagal Rampas Tas Wanita, Penjambret Dibekuk Warga

BANTUL (MERAPI)-Usai gagal menjambret, pemuda asal Surabaya berinisial Dy (25) babak belur dihajar massa di Jalan Karangnongko Panggungharjo, Sewon, Bantul,

Close