JELANG SETAHUN KEPEMIMPINAN HARYADI-Sejumlah Jabatan OPD Masih Diisi Pelaksana Tugas

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meninjau kebersihan di kantor kecamatan
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meninjau kebersihan di kantor kecamatan

UMBULHARJO (MERAPI) – DPRD Kota Yogyakarta mendesak agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Yogyakarta segera diisi pejabat definitif. Pasalnya pelaksana tugas (Plt) kepala OPD memiliki kewenangan terbatas yang bisa berdampak pada kinerja intansti kurang optimal.

Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Yustinus Kelik Mulyono menyatakan, Komisi A sudah mengingatkan sejak pelantikan walikota dan wakil walikota agar Pemkot Yogyakarta segera mempersiapkan pengisian jabatan kepala OPD. Sehingga pada waktu 6 bulan setelah pelantikan kepala daerah memiliki kewenangan merotasi dan melantik pejabat bisa diadakan seleksi dengan membentuk panitia seleksi (pansel). Namun hingga hampir satu tahun kepememipinan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi pada Mei nanti, belum ada kejelasan.

“Kami dari Komisi A sudah beberapa kali mendorong BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) untuk membuat pansel. Tapi ternyata sampai sekarang belum dilaksanakan. Untuk penataan OPD ini mestinya harus segeri diisi. Bagaimanpun kalau tidak diisi pejabat definitif, hasillnya kinerja OPD kurang maksimal,” kata Yustinus, Kamis (19/4).

Dia menyampaikan, kewenangan Plt terbatas berbeda dengan pejabat definitif. Meski diakuinya untuk pelaksanaan kegiatan dan program yang memerlukan anggaran, Plt kepala OPD masih bisa menandatangani untuk pengeluaran anggaran. Namun untuk kewenangan yang lain misalnya penataan pejabat di bawah OPD, Plt kepala OPD tidak memiliki kewenangan mengusulkan.

Sejumlah Kepala OPD Pemkot Yogyakarta yang saat ini dijabat Plt adalah Dinas Sosial, Dinas Kebakaran, Dinas Pariwisata, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak dan Sekretaris DPRD. Selain itu per 1 Mei 2018 jabatan Kepala Inspektorat dan Asisten Umum Sekda akan kosong karena pejabat sebelumnya memasuki purna tugas.

Secara terpisah Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengutarakan akan membentuk pansel untuk pengisian pejabat definitif kepala OPD. Saat ini BKPP Kota Yogyakarta sedang membentuk pansel untuk mutasi jabatan untuk mengetahui jabatan OPD mana yang kosong khususnya setingkat kepala dinas. Setelah itu baru akan dibentuk pansel terbuka untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama eselon II dengan lelang jabatan.

“Ini sedang proses. Pansel akan kita bentuk tidak lama lagi. Harapan saya (PNS) tidak usah kasak-kusuk dan cari-cari info. Sungguh-sungguh bekerja saja,” kata Haryadi. (Tri)

Read previous post:
Perajin Siapkan Produk untuk Pojok UMKM di Hotel

UMBULHARJO (MERAPI) - Para perajin Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta menyambut baik rencana adanya pojok UMKM di

Close