Masak Ketupat, Rumah dan Kambing Terbakar

MERAPI-ISTIMEWA
BPBD salurkan bantuan pada keluarga korban

TEMANGGUNG (MERAPI) – Rumah Wariyah (60) di Dusun Nglorog 2 Desa Nglorog Kecamatan Pringsurat Temanggung hangus terbakar ketika ditinggal beribadah di masjid. Api diduga dari tungku, yang sedang dipergunakan untuk memasak ketupat untuk perayaan lebaran.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung melaporkan kerugian ditaksir mencapai Rp 150 juta. Selain rumah Wariyah, api juga membakar kandang kambing berikut 8 ekor miliknya dan sebagian rumah Nanang rohmat (50) hingga mengakibatkan rusak sedang.

Kepala Bagian Humas Polres Temanggung AKP Ari Sugeng, Minggu (16/5) mengatakan kebakaran terjadi Jumat (14/5) sore sekitar pukul 18.45 WIB. Ketika itu Wariyah sedang memasak ketupat didapur, yang kemudian ditinggal ke masjid setempat untuk melaksanakan shalat Isya.

” Pulang beribadah, warga sekitar mendapati ada kepulan asap dan disusul api dari dapur yang kemudian menjalar ke bangunan rumah,” kata Ari.

Dikatakan bangunan yang mudah terbakat dan cuaca kering menyebabkan upaya pemadaman yang dilakukan warga, relawan, Polisi, TNI dan petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan mengendalikan api. ” Dua rumah dan kandang kambing terbakar,” katanya,

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Temanggung Mamix Sulistyaningrum mengatakan BPBD langsung melakukan assesmen dan mendata kerugian atas musibah kebakaran rumah di Dusun Nglorog.

Taksiran kerugian mencapai Rp 150 juta, yakni berupa satu rumah rusak berat atas nama Wariyah, kandang kambing dan 8 ekor kambing serta rumah Nanang rohmat (50) yang mengalami rusak sedang.

” Kami sudah lakukan droping logistik untuk keluarga korban, sementara kebutuhan yang mendesak untuk korban adalah material bangunan untuk membangun kembali rumah,” kata Mamix.

Dia mengatakan keluarga Wariyah mengungsi di rumah saudara. Sambil menunggu pembangunan rumahnya dikerjakan dan selesai. (Osy)

Read previous post:
Salah Orang Tua

KALAU ada remaja umur 16 tahun mengemudi mobil dan menabrak polisi ketika dicegat, siapa yang salah ? Kebanyakan orang akan

Close