Warga Mulai Cairkan BST

MERAPI-Zaini Arrosyid
Warga mencairkan dana BST di Kelurahan Butuh

TEMANGGUNG (MERAPI) – Sebanyak 29.457 kepala keluarga kurang mampu terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Temanggung mulai cairkan Bantuan Sosial Tunai (BST), Kamis (29/4).

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Habib Jabbar mengatakan bantuan yang cair adalah Maret dan April dengan besaran masing-masing bulan Rp 300 ribu. Sebab pada bulam Maret lalu tidak ada pencairan BST.

” Jadi masing-masing penerima total mendapat Rp 600 ribu,” kata Habib Jabbar.

Jabbar mengatakan pencairan dibagi dalam dua tahap. Tahap I tercatat berjumlah 27.815 penerima dan tahap II sebanyak 1.642 penerima. Pencairan dilayani PT Pos Indonesia kecamatan dan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 diterapkan protokol kesehatan.

” Pencairan BTS di tiap kecamatan dibagi di 65 titik,” kata dia.

Dikatakan pencairan BTS pada April dimaksudkan untuk membantu warga dalam pemenuhan kebutuhan Ramadan dan Lebaran. Harapan masyarakat taat terapkan prokes dan BTS dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Sementara di Kelurahan Butuh Kecamatan Temanggung, terjadwal 456 warga mencairkan BTS. Pencairan dilayani di balai kelurahan. Warga yang akan mencarikan harus menjalani serangkaian pemeriksaan, seperti suhu tubuh, wajib pakai masker, cuci tangan dan harus membawa kartu identitas diri.

Seorang penerima Joko Santoso mengemukakan senang mendapat BST, apalagi kini mendekati lebaran. Dana BST rencana untuk mencukupi kebutuhan lebaran. ” Dana Rp 600 ribu sangat bermanfaat bagi masyarakat, duit untuk membeli kebutuhan lebaran,” kata. (Osy)

Read previous post:
SYEKH BURHANUDDIN (SI PONO) DARI RANAH MINANG (6) – Para Tukang Sihir Marah dan Membuat Onar

Setelah lulus, Pono menyendiri (berkhalwat) selama 40 hari di gua hulu Sungai Aceh, tepatnya di kaki Gunung Peusangan. Setelah selesai,

Close