Tanam Pekarangan Tingkatkan Pendapatan Keluarga

MERAPI-ZAINI ARROSYID
Penyerahan bantuan bibit pohon

TEMANGGUNG (MERAPI) – Bupati Temanggung Al Khadziq mendorong masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan secara optimal untuk budidaya perikanan, peternakan dan pertanian. Harapannya dapat membantu ekonomi keluarga dengan tidak membeli di pasar dan justru mendapat pemasukan dari menjual hasil budidaya.

“Memaksimalkan lahan pekarangan yang ada dengan budidaya yang menghasilkan dan punya nilai ekonomi tinggi yang akan menghasilkan pendapatan untuk keluarga,” kata Bupati Temanggung Al Khadziq, saat penyerahan bantuan benih pohon dan ikan pada petani di Kelurahan Madureso Temanggung, Jumat (16/4).

Al Khadziq mengatakan bantuan yang diserahkan untuk warga seperti vanili, terung, jahe dan benih lele. Bantuan itu selanjutnya diserahkan pada warga, terutama kelompok dasa wisma. Pertanian pekarang, harus digiatkan karena sangat besar manfaatnya, baik untuk lingkungan alam maupun menambah pendekatan keluarga.

Pada warga Kelurahan Madureso berharap dapat menjadi pelopor dibidang pengembangan vanili di tanah pekarangan karena belum ada satu desa yang secara khusus mengambil pilihan budidaya vanili. ” Jika Madureso mau, nanti tiap rumah menangkarkan lagi vanili, sehingga Madureso terkenal sebagai pelopor tani pekarangan vanili,” kata dia.

Pada kesempatan itu, bupati meminta pada warga untuk menjaga kesehatan terutama tetap menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19. Pemerintah sedang menggiatkan perekonomian agar bangkit lebih baik, hal ini dapat berjalan sesuai alur jika semua pihak menjaga kesehatan dan menghindari paparan Covid-19.

“Perekonomian bangkit positif dan kesehatan tetap terjaga,” kata dia. (Osy)

Read previous post:
TERAPKAN BIOSEKURITI TIGA ZONA: Ayam Petelur Hasilkan Produk ‘ASUH’

BIOSEKURITI dalam bidang peternakan ayam petelur diartikan sebagai upaya mencegah kuman penyakit tak masuk ke kompleks kandang peternakan. Dengan langkah

Close