106 Bencana Alman, Rugi Rp 4,2 Miliar

TEMANGGUNG (MERAPI) – Bancana alam sepanjang Januari hingga awal April 2021 di Kabupaten Temanggung terjadi sebanyak 106 kejadian dengan kerugian mencapai Rp 4,2 miliar.

Kepala Pelakasana BPBD Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan bencana longsor sebagai yang terbesar membuat kerugian yakni Rp 3,2 miliar, disusul kebakaran rumah Rp 309 juta dan banjir Rp 289 juta.

” Bencana alam sebanyak 106 dari Januari sampai awal April, sedangkan banjir ada di 8 kecamatan atau 8 titik lokasi,” kata Dwi Sukarmei, Minggu (11/4).

Dwi Sukarmei mengatakan jika dibandingkan tahun lalu, bencana tahun 2021 telah jauh melebih banyak. Tahun lalu tanah longsor sebanyak 90 orang dan banjir 6 – 8 kejadian. Hasil pantauan, banjir terjadi karena volume drainase sudah tidak muat, selain dipicu banyak sedimen atau endapan.

Dia mengatakan anggaran yang disiapkan untuk penanganan bencana 2021 melalui bencana tidak langsung sekitar Rp 1,9 miliar yang dibagikan untuk pembangunan di Kecamatan Parakan, Kedu, Ngadirejo dan Pringsurat. Penyerapan terbesar untuk pembangunan akibat dampak banjir di Parakan sebesar Rp1,2 miliar.

” Dana sebesar Rp 1,9 miliar tidak aan dihabiskan karena dana untuk sampai akhir tahun, ” kata dia.

Pemkab sendiri dengan kejadian bencana, kata dia, langsung lakukan pendataan dan serahkan bantuan pada korban. Bantuan itu antara lain kebutuhan pokok, semen dan lainnya, selain diterjunkan personel untuk kerjabakti.

Dia mengatakan di Temanggung sampai April akan terjadi curah hujan tinggi. Maka itu pihaknya meminta pada warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana, baik banjir, angin kencang dan longsor.

” Banjir di Temanggung beberapa hari ini, adalah banjir lewat yakni banjir yang atau dua jam telah kering,” kata dia. (Osy)

Read previous post:
Disabilitas Tagih Program Pemberdayaan dari Dana Desa

KARANGANYAR (MERAPI) - Komitmen pemerintah desa dalam membantu pemberdayaan disabilitas diragukan keberlanjutannya. “Masih banyak desa belum menganggarkan untuk pemberdayaan disabilitas.

Close