Kepala Dinas Diikutkan Pelatihan ‘Public Speaking’

TEMANGGUNG (MERAPI) – Pimpinan organisasi perangkat daerah di Kabupaten Temanggung akan diikutkan pelatihan ‘public speaking’ sebagai upaya meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat terutama melalui pernyataan di media massa.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan pelatihan ‘public speaking’ diperlukan sebab selama ini diakui komunikasi publik pemerintah perlu ditingkatkan agar masyarakat mengetahui maksud tujuan kebijakan yang dikeluarkan dan menyerap aspirasi masyarakat.

” Kepala dinas nantinya akan saya ikutkan pelatihan ‘public speaking’, diantaranya latihan bagaimana jika diwawancarai wartawan,” kata Al Khadziq, Minggu (28/2)

Bupati Al Khadziq mengatakan seorang pejabat harus mengetahui selera komunikasi publik seperti yang dikehendaki wartawan. Pernyataan yang disampaikan pimpinan OPD harus yang layak berita, pernyataan-pernyataannya cerdas dan menjual.

Sehingga, kata dia, wartawan suka mewawancarai dengan begitu maka ide, gagasan dan program pemerintah bisa disampaikan kepada masyarakat dengan lebih baik, dan diharapkan ada penerimaan publik, dukungan publik terhadap program pemerintah juga akan menjadi lebih baik.

” Salah satu kunci suksesnya program-program pemerintah adalah komunikasi dari pemerintah yang lebih baik,” kata dia.

Khadziq mengatakan kebebasan pers saat ini harus dimaksimalkan para jurnalis agar bisa meliput dan menulis informasi tanpa bayang-bayang rasa takut. Meski diakui tantangan media massa ke depan akan semakin kompleks, baik dalam bidang industri komersial maupun dalam bidang pemberitaan.

“Oleh karena itu, kami harapkan PWI ke depan bisa berkontribusi juga untuk mendidik masyarakat dalam menggunakan media sosial. Pemkab Temanggung juga terbuka memberikan ruang bagi wartawan untuk menulis, mengkritik, mengoreksi pemerintahan sesuai dengan kode etik jurnalistik,” katanya.

Wakil Bupati Temanggung R. Heri Ibnu Wibowo menyampaikan jurnalis harus berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi yang benar dan tidak menyesatkan masyarakat. Pers juga harus bisa menyampaikan fakta informasi secara objektif dan selektif agar kondusifitas masyarakat tetap terjaga.

” Kami dari Pemkab Temanggung juga tidak alergi pada kritik, selagi kritik membangun untuk tujuan mensejahterakan masyarakat,” kata dia. (Osy)

Read previous post:
Bacok Korban, 2 Begal Sadis Ditembak Polisi

Close