Kades Harus Beri Contoh Penerapan Prokes

MERAPI-Zaini Arrosyid
Sosialisasi pengejawantahan 4 Pilar

TEMANGGUNG (MERAPI) – Kepala daerah, kepala desa, pemuka agama dan tokoh masyarakat harus memberi contoh pada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) dan mau divaksinasi guna melawan Covid-19 sehingga pandemi segera berlalu.

” Keteladan dalam sikap dan perilaku diperlukan dalam penerapan prokes. Masyarakat tidak lagi butuh ucapan atau pidato, yang dibutuhkan langkah nyata, contoh nyata,” kata Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi, Rabu (10/2).

Sudjadi mengemukakan terus intensif mengingatkan semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan dan pentingnya vaksinasi Covid-19, pada semua pihak yang diantaranya kepala daerah, pemuka agama, tokoh masyarakat, kades, dan perangkat desa.

Salah satunya, kata dia pada ‘Program kerakyatan, sebagai pengejawantahan 4 Pilar dari Prespektif Ketuhanan Yang Maha Esa,’ yang di Temanggung dikonsentrasikan untuk revitalisasi masjid, makam kharismatik dan wisata unggulan desa. Acara ini dihelat pada Senin (8/2). Kegiatan itu dihadiri pula Bupati Temanggung Al Khadziq, mantan Bupati Hasyim Affandi, tokoh agama dan masyarakat.

Dikatakan program pemerintah dalam penanganan Covid-19, harus didukung semua pihak agar pandemi berakhir dan pembangunan bisa dilanjutkan dengan lebih baik dan cepat untuk peningkatan kesejahteraan.

Dia mengemukakan untuk pengekawantahan 4 pilar dari prespektif Ketuhanan Yang Maha Esa yang dilakukan di Temanggung antara lain pembangunan masjid Menggoro, masjid Gagak Handoko, renovasi makam Sultan Trenggono, makam Makukuhan, renovasi wisata ritual Tuk Budoyo dan pembangunan wisata budaya Wonosari. Sedang pembangunan masjid Bambu Runcing Parakan dan preservasi lingkungannya, tengah diperjuangkan anggarannya.

” Wapres KH Makruf juga telah perintahkan pada Menteri Pariwisata yang baru untuk mengembangkan wisata ritual karena berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan warga sekitar, ” kata dia.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan Pemkab Temanggung terus berjuang agar Pandemi Covid-19 segera berakhir. Langkahnya seperti penerapan protokol kesehatan, vaksinasi dan pengobatan bagi mereka yang terpapar. ” Seluruh sumberdaya dikerahkan untuk mengakiri pandemi, kami sangat terbantu dengan dukungan Ir Sudjadi,” kata dia.

Dikemukakan Pemkab Temanggung tengah berjuang untuk mewujudkan Parakan sebagai ‘Kota Pusaka’. Perancangan telah ada dan kini terus intensif komunikasi dengan pemerintah pusat. ” Parakan layak menjadi Kota Pusaka, syarat budaya telah terpenuhi. Kami berjuang untuk mewujudkannya,” kata dia. (Osy)

Read previous post:
Pemandu Lagu Terancam Gagal Nikah Gara-gara Pesta Sabu

Close