Puluhan Nakes RSUD Tertolak Dapat Vaksin

Tenaga medis RSUD divaksin Covid-19. (Merapi-Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG (MERAPI) – Puluhan tenaga medis dan nonmedis di RSUD Kabupaten Temanggung tertolak untuk mendapatkan vaksinasi, karena komorbid dan pernah terpapar Covid-19. Vaksinasi sendiri ditarget selesai Kamis (28/1).

Direktur RSUD Temanggung Dr Tetty Kurniawati mengatakan keseluruhan karyawan dan peserta didik yang didaftar mendapatkan vaksin sebanyak 950 orang. Namun dari jumlah tersebut, pasti ada yang tertolak, seperti karena komorbid dan pernah terpapar Covid-19.
“Ada 40 sampai 50 karyawan yang telah terpapar Covid-19. Mereka ini tidak mendapatkan vaksin Covid-19, sehingga mereka yang tidak divaksin pasti di bawah 950 orang,” kata dia.

Tetty mengatakan pada Senin (25/1) yang telah mendapatkan vaksin sebanyak 161 orang dan Selasa (26/1) yang diundang sebanyak 250 orang. Sisanya pada Rabu (27/1) dan Kamis (28/1).

Disampaikan penyuntikan vaksin pada karyawan RSUD yang kedua pada dua minggu mendatang. Usai menjalani penyuntikan yang pertama, mereka tetap diawasi jika ada kejadian pasca vaksinasi.
“Usai menjalani vaksinasi, sejauh ini baru ada satu keluhan, yakni lemas, selain itu belum ada,” kata dia.

Dia mengatakan dalam kondisi normal kapasitas RSUD Temanggung sebanyak 365 tempat tidur, dan khusus untuk perawatan penderita Covid-19 sebanyak 70 tempat tidur.

Dikemukakan kondisi Covid-19 membuat kapasitas menurun, sebab diperlukan sumberdaya yang lebih banyak untuk perawatan pasien Covid-19. Dengan 70 tempat tidur tersebut, selama ini sudah bisa menampung kebutuhan sehingga tidak ada penolakkan pasien.
“Kondisi harian yang terisi untuk Covid-19 sekitar 35 sampai 40 pasien,” kata Tetty sambail mengatakan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit dalam beberapa hari terakhir cenderung menurun. (Osy)

Read previous post:
Ditinggal Takziah, Rumah Dibobol

BLORA (MERAPI) - Unit Reskrim Polsek Cepu Polres Blora, berhasil mengamankan W (38) warga Kecamatan Kasiman dan P (38) warga

Close