SD Cagar Budaya Roboh

MERAPI-Zaini Arrosyid
Guru menunjukkan gedung bangunan yang roboh

TEMANGGUNG (MERAPI) – Tembok Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Temanggung yang termasuk bangunan cagar budaya roboh akibat tergerus air hujan. Kerugian mencapai Rp 60 juta. Tidak ada korban jiwa dan luka atas kejadian itu.

Kepala Sekolah SDN 3 Temanggung Lilik Hariyadi mengatakan tembok roboh sekitar jam 21.00 WIB kemarin malam. Material bangunan dari tanah liat dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya. ” Selama bangunan itu dijadikan sebagai ruang kesenian,” kata dia, Kamis (14/1).

Dia mengatakan penyebab tembok roboh karena tergerus air hujan dari talang rumah milik warga yang ada di samping bangunan. Gerusan air tersebut tiap kali hujan, padahal bangunan itu sempat retak karena faktor alam dan usia.

” Tembok terus menerus terkena air sehingga tidak kuat. Tembok yang roboh mengenai kamar mandi dan dapur milik warga,” kata dia.

Dia mengatakan telah melaporkan kejadian tersebut pada Dinas Pendidikan dengan harapan dapat segera diperbaiki, agar tidak mengganggu proses belajar mengajar. Perbaikan juga pada dua ruang kelas lainnya yang juga retak sehingga terancam roboh. (Osy)

Read previous post:
Pengolah Sampah untuk Desa Kajen

PATI (MERAPI) - Masalah sampah di desa Kajen kecamatan Margoyoso, mendapat perhatian khusus rumah Aspirasi FS. Karena, selain jumlah penduduknya

Close