Pemprov Jateng Kembangkan Ekonomi Kreatif

MERAPI-Zaini Arrosyid
Seorang barista saat berkompetisi dalam meracik kopi

TEMANGGUNG (MERAPI) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mendukung dan melakukan langkah-langkah untuk membangkitkan dan mengembangkan ekonomi kreatif pada masa Pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sulistiyo mengatakan dukungan diperlukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama pelaku ekonomi dimasa pandemi Covid-19. Dengan

” Kondisi pandemi ini, ekonomi kita ini ‘rodo gonjang’, sangat berharap dengan kreasi anak muda bisa membangkitkan perekonomian masyarakat,” kata Sulistiyo, ditemui di Temanggung, Sabtu (29/11).

Dikemukakan telah dibentuk pengurus Komite Ekonomi Kreatif (KEK) di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dan terdapat 6 koordinator daerah yang lingkupnya di ekskaresidenan.

Pada beberapa waktu lalu, ungkap dia, KEK ini melakukan pertemuan di Wonosobo untuk membahas berbagai isu dan permasalahan serta mengambil langkah-langkah strategis dalam menghadapinya.

Isu itu, terusnya diantaranya perlunya perubahan perilaku pelaku ekonomi kreatif di masa Pandemi Covid-19 ini. Disatu sisi berkreasi untuk menarik konsumen dan disisi lain mengedukasi konsumen perlunya penerapan protokol kesehatan guna pengendalian paparan Covid-19.

” Peningkatan pendapatan dan kesejahteraan didapat dengan tetap sehat, tidak tertular Covid-19,” kata dia.

Dikatakan, diperlukan kompetisi guna memotivasi semangat untuk berkreasi para pelaku ekonomi kreatif di Jateng. Kompetisi yang telah dilakukan di beberapa kabupaten/kota untuk membangkitkan perekonomi masyarakat. Diantaranya adalah dalam meracik kopi oleh para barista muda.

” Barista yang ikut kompetisi, sudah tersertifikasi kompetensinya melalui lembaga sertivikasi kompetensi. Mereka berkreasi dalam meracik kopi khas dari daerah mereka sendiri-sendiri, kreasinya macam-macam,” kata dia.

Sulistiyo mengatakan KEK diharapkan mampu pula mengembangkan UMKM yang digelutinya, sehingga berefek pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, seperti dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. (Osy)

Read previous post:
Muhammadiyah Magelang Kembangkan Pengkajian Webinar

MUNGKID (MERAPI) - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang terus mengembangkan penggunaan teknologi informasi pada pengajian dan kajian berkemajuan untuk

Close