Ratusan Santri Jalani Swab Tes

MERAPI-Zaini Arrosyid
Petugas ambil lendir santri

TEMANGGUNG (MERAPI) – Ratusan santri Ponpes Darul Atsar Desa Salamsari, Kedu, Temanggung menjalani tes usap (swab test) untuk memastikan terbebas dari paparan Covid-19.

Pimpinan Ponpes Darul Itsar, Komar Zainuddin Abdullah, Minggu (18/10) mengatakan swab tes sesungguhnya adalah syarat awal dimulai pembelajaran tatap muka di pesantren. Harus ada kepastian bahwa siswa yang masuk kembali ke pesantren tidak terpapar Covid-19.

” Berdasar koordinasi dengan puskesmas setempat, harus ada screening. Tiap santri yang masuk harus jalani seab tes, dipastikan tidak terpapar corona,” kata dia.

Dia mengemukakan tes Swab dilakukan dalam beberapa gelombang, diantaranya empat gelombang, yakni tangal 30, 1, 7 dan 16 Oktober. Swab test dilakukan oleh tim dinas kesehatan dari provinsi Jateng bekerjasama dengan puskesmas Kedu dengan menggunakan mobil “laboratorium cepat”.

Dia mengatakan hasil swab tes secara umum santri dalam keadaan sehat. ” Ada santri seluruhnya sekitar 500. Semua sehat,” kata dia

Dia menyampaikan, dengan kegiatan ini harapankan pondoknya menjadi salah satu pondok, yang dapat menjadi contoh bagi pondok yang lain dalam menerima program dari swab tes di awal pembelajaran.

” Semua ditujukan demi kesehatan santri dan civitas akademika. Swab tes ini adalah sebagai konsekwensi mulai tatap muka,” kata dia sembari mengemukakan swab tes bukan menakutkan tetapi sebagai kewajaran, sebagai konsekwensi pembelajaran tatap muka. (Osy)

Read previous post:
Bupati Kulonprogo Sambangi Pengusaha Rempeyek Dalimin Budi Utomo

DALIMIN Budi Utomo (78) sedang sibuk menggoreng rempeyek saat Bupati Kulonprogo, Sutedjo, menyambangi kediamannya di Jogoyudan Wates. Pria sepuh ini

Close