Bupati Temanggung Perbolehkan Pertunjukan

MERAPI-Zaini Arrosyid
Ahli Bidang Kemasyarakatan SDM Pendidikan dan Kebudayaan Setda Kabupaten Temanggung Tri Rahardja

TEMANGGUNG (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten Temanggung akhirnya memperbolehkan penyelenggaraan kegiatan pertunjukkan even seni budaya di daerah tersebut dengan catatan harus mematuhi aturan guna menghindari penularan Covid-19.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan SDM Pendidikan dan Kebudayaan Setda Kabupaten Temanggung Tri Rahardja mengatakan bupati telah mengeluarkan surat edaran 453/430 tahun 2020 tentang panduan pengendalian dan pencegahan Covid-19 dalam penyelenggaraan kegiatan pertunjukkan seni budaya di kabupaten Temanggung pada masa pandemi Covid -19.

” SE ini untuk memberikan arahan, pedoman dan petunjuk teknis dan operasional untuk pengendalian kegiatan pertunjukkan seni budaya dalam kondisi menghadapi Pandemi Vovid-19,” kata dia, Senin (24/8).

Dia mengatakan bagi warga atau penyelenggara yang melanggar SE ini pada pertujukkan seni budaya akan dikenakan tindakan, mulai dari peringatan hingga pembubaran dan memungkinkan pula pidana.

Dia menyampaikan Pandemi Covid-19 memberi banyak dampak negativ terhadap seluruh sektor kehidupan masyarakat, namun ditengah pandemik tersebut masyarakat tetap membutuhkan pertunjukan seni dan budaya, selain untuk menjaga warisan seni budaya leluhur juga untuk mencukupi kebutuhan hiburan masyarakat. ” Maka itu even diatur, dan semua yang terlibat harus matuhinya,” kata dia.

Pertunjukan seni budaya yang dimaksud, terangnya adalah kegiatan pertunjukan seni tari, drama, teater, musik, dan lain-lain yang melibatkan panitia, pemain, dan penonton dari kalangan masyarakat umum.

Aturan itu, ujarnya, adanya pembatasan jumlah penonton, panitia wajib menyediakan tempat penyelenggaraan pertunjukan sekurang kurangnya dua kali dari jumlah penonton. Pertunjukan seni budaya harus ada kepanitiaan yang bertanggungjawab, dimana ketua panitia adalah penanggungjawab atas semua upaya pengendalian dan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan.

” Kegiatan diwajibkan mengajukan permohonan izin penyelenggaraan kegiatan terlebih dahulu kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan tingkatannya, serta diwajibkan menandatangani surat pernyataan diatas materai Rp. 6.000 yang berisi pernyataan kesanggupan untuk menerapkan protokol Kesehatan,” kata dia.

Dia mengatakan aturan lainnya adalah pembatasan pertunjukan hanya boleh diisi oleh para seniman, penampil, artis yang berdomisili di wilayah Kabupaten Temanggung dan tidak diperbolehkan mendatangkan dari luar kabupaten.(Osy)

Read previous post:
Penerimaan Berkas BLT UMKM Tanpa Wawancara dan Ceklist untuk Hindari Kerumunan

KARANGANYAR (MERAPI) - Penyerahan berkas permohonan bantuan langsung tunai (BLT) UMKM di tahap III tak lagi dibarengi ceklist dan wawancara

Close