UMKM Temanggung Dapat Bantuan Rp 4,9 Miliar

TEMANGGUNG (MERAPI) – Dana sebesar Rp 4,9 miliar digelontorkan Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terdampak pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Temanggung Rony Nurhastuti menjelaskan UMKM butuh suntikan dana setelah modal yang dipunyai tergerus akibat usaha yang terpuruknya pada pandemi Covid-19.

” Seluruh sektor usaha terdampak Pandemi COVID-19, termasuk UMKM sehingga mereka butuh tambahan modal,” kata Rony, Senin (1/6).

Dia menyampaikan dampak pandemi Covid-19 di sektor UMKM adalah usaha yang melambat bahkan ada yang kini tidak beroperasi sama sekali. Rencana anggaran Rp 4,9 miliar akan dikucurkan pada Agustus 2020.

Untuk sementara, tambahnya, bantuan modal pada 2.274 UMKM yang tercatat dan terdampak. Guna memastikan, pihaknya kini sedang lakukan verifikasi ke alamat mereka. Tujuannya memastikan benar-benar usaha mereka terdampak dengan adanya wabah virus corona ini, atau tidak.

Dia menyampaikan dalam pengucuran bantuan modal tersebut akan bekerja sama dengan Bank Pasar Kabupaten Temanggung. Harapannya, bantuan modal tidak langsung diambil sekaligus, tetapi akan dipakai betul untuk pembelian modal agar usahanya dapat bangkit kembali. (Osy)

Read previous post:
Ribuan Penerima BST Gunungkidul Diusulkan Diganti

WONOSARI (MERAPI) – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gunungkidul akan mengajukan penggantian nama penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos, lantaran

Close