Rumah Dilalap Api, Harta Tak Tersisa

Sisa puing bekas kebakaran di rumah Daliman. (Merapi-Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Kebakaran meluluhlantakkan rumah dan barang berharga milik Daliman (70) di Dusun Banaran Rt 04/Rw VII Desa Ngringo, Jaten, Kamis (10/6) malam pukul 20.00 WIB. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang dipicu korsleting arus listrik itu.

Kepala Dusun Banaran, Guntoro mengatakan rumah itu dihuni Daliman dan anaknya Supriyanto (39). Korsleting listrik terjadi di kamar Supriyanto.

“Anaknya, Supriyanto, sedang ke rumah kerabatnya di Popongan. Sedangkan ayahnya, Daliman pergi jalan-jalan santai. Saat pulang, ia mendengar bunyi kretek-kretek di kamar anaknya yang gelap. Begitu dibuka pintu kamar, muncul percikan api. Sadar kamar itu terbakar, lalu ia minta tolong ke tetangga,” kata Guntoro, Jumat (11/6).

Api begitu cepat berkobar sampai ke atap. Sebagian warga menghubungi tim pemadam kebakaran sedangkan lainnya membantu memadamkan dengan peralatan seadanya. Bukannya mereda, api justru membesar dan merembet ke rumah tetangga bernama Pedet Marsono. Dua rumah itu berimpitan.
“Mobil pemadam datang pukul 20.20 WIB. Dibantu relawan dan petugas keamanan memadamkan api,” jelasnya.

Meski api berhasil dijinakkan, namun rumah Daliman tinggal menyisakan arang menghitam. Sedangkan rumah Pedet Marsono terbakar sebagian. Saat ini, Daliman dan anaknya mengungsi di rumah kerabat yang tinggal berdekatan lokasi kejadian.

Sayangnya tak banyak yang bisa diselamatkan dari rumahnya. Api meluluhlantakkan bangunan serta uang tunai, sertifikat tanah, TV 21 inci, sepeda motor Suzuki Shogun R 100, dua sepeda onthel, satu sepeda mini dan satu sepeda federal, serta mesin disel cuci motor.

Kapolsek Jaten AKP Yuni Marsianto mengatakan kerugian akibat kebakaran itu ditaksir Rp 60 juta. Korban menerima bantuan BPBD sekadar untuk logistik bertahan di pengungsian.

“Penyebabnya korsleting listrik. Kita sudah minta PLN memutus aliran listrik sebagian rumah tetangga saat peristiwa itu. Sekarang sudah pulih kembali alirannya,” kata kapolsek. (Lim)

Read previous post:
Pendaftaran Blonjo Bareng Keempat Segera Dibuka

Close