Forkopimda Sukoharjo Beri Semangat Belajar Siswa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Dandim 0726 Letkol Inf Agus Adhy Darmawan dan Anggota DPRD Sukoharjo Maria Kristutiningsih saat memantau uji coba PTM di SMPN 1 Kartasura. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) aktif melakukan pemantauan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dengan mendatangi langsung tempat belajar mengajar di ruang kelas. Para pimpinan daerah turun langsung untuk melihat PTM sesuai protokol kesehatan sekaligus memastikan hak anak mendapat pendidikan di tengah pandemi virus Corona bisa berjalan demi generasi penerus lebih baik.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat memantau uji coba PTM di SMPN 1 Kartasura, Kamis (22/4) mengatakan, sudah tiga hari terakhir turun langsung memantau pelaksanaan uji coba PTM tahap kedua di sekolah tingkat SMP. Sesuai jadwal uji coba PTM tahap kedua akan dilaksanakan mulai 19-30 April. Pemantauan tersebut juga sudah dilakukan saat uji coba PTM tahap pertama 5-16 April lalu.

Pemantauan tersebut dilakukan tidak sekedar memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona saja, namun terpenting memastikan penyelenggaraan bidang pendidikan di Kabupaten Sukoharjo bisa berjalan di tengah pandemi virus Corona. Sebab sudah sangat lama hampir satu tahun lebih anak belajar di rumah secara online dan kurang melakukan sosialisasi bertemu langsung dengan orang lain.

“Saya selalu tanyakan saat masuk ruang kelas anak-anak suka belajar di rumah apa sekolah dan jawabannya semua kompak di sekolah. Pemantauan ini tidak sekedar memastikan bidang kesehatan dengan penerapan protokol kesehatan saja tapi juga pendidikan di Sukoharjo harus berjalan agar generasi penerus menjadi lebih baik,” ujarnya.

Pada saat pemantauan di SMPN 1 Kartasura, Etik Suryani juga mengenalkan dua pimpinan daerah di Sukoharjo yakni Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas dan Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan. Kehadiran pimpinan daerah tersebut ditegaskan Etik Suryani menjadi penyemangat bagi siswa saat belajar di sekolah.

“Ini perhatian kami dari bupati, pak Kapolres dan pak Dandim turun langsung memantau siswa belajar. Anak-anak menjadi lebih semangat karena mereka juga butuh interaksi sosial dengan teman dan orang lain,” lanjutnya.

Etik menekankan tentang pentingnya pendidikan karakter pada siswa di tengah pandemi virus Corona. Sebab anak sudah sanga lama belajar secara online menatap layar komputer atau android sehingga memiliki keterbatasan waktu dan tempat berinteraksi dengan orang lain.

“Kami juga memantau peran kepala sekolah dan guru. Mereka harus menjadi contoh baik pada siswa seperti memakai masker dengan sempurna. Guru juga harus jadi teman baik siswa saat belajar online karena tingkat kemampuan anak belajar sendiri di rumah berbeda,” lanjutnya.

Hasil pemantauan uji coba PTM di sekolah selama tiga hari terakhir dikatakan Etik Suryani sudah baik. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat oleh pihak sekolah seperti memakai masker, pengecekan suhu tubuh dan lainnya. Siswa juga sudah menerapkan dengan berangkat ke sekolah diantar oleh orang tua menggunakan kendaraan pribadi dan bukan transportasi umum demi mencegah penyebaran virus Corona.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, semangat anak-anak belajar di sekolah sangat luar biasa. Anak-anak tersebut berhak mendapatkan pendidikan layak belajar di sekolah. Namun karena kondisi pandemi virus Corona maka dilakukan pengaturan secara ketat sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona.

“Anak-anak ini perlu semangat dan dukungan belajar ditengah pandemi. Mereka generasi penerus bangsa yang harus tetap mendapat pendidikan. Protokol kesehatan tetap wajib diterapkan,” ujarnya.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan mengatakan, uji coba PTM di sekolah sangat penting tidak hanya bagi pemerintah saja, tapi juga siswa. Sebab PTM membuat siswa bisa mendapat pendidikan langsung dari guru sekaligus berinteraksi dengan teman satu kelas dan sekolah.

“Para siswa ini perlu ditekankan tentang protokol kesehatan karena kondisi sekarang jauh berbeda dimana belajar ditengah pandemi virus Corona. Saat kami pantau semangat siswa belajar di sekolah sangat tinggi,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno mengatakan, uji coba PTM pada hari ke empat tahap kedua di sekolah tingkat SMP masih berjalan lancar. Kehadiran Bupati Sukoharjo Etik Suryani dengan melakukan pemantauan tidak sekedar melihat penerapan protokol kesehatan saja, tapi juga memberikan semangat pada siswa dan guru kembali belajar mengajar di sekolah.

“Ini bentuk kepedulian bupati yang luar biasa. Datang langsung memberikan semangat belajar siswa. Anak-anak ini memiliki motivasi lebih untuk belajar di tengah pandemi virus Corona. Terpenting juga bupati selalu mengingatkan protokol kesehatan memakai masker wajib diterapkan saat PTM,” ujarnya. (Mam)

Read previous post:
Harga Daging Ayam di Pasar Bantul Naik

BANTUL (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Bantul menyatakan kenaikan harga daging ayam broiler di tingkat pedagang pasar pada bulan Ramadhan 1442

Close