7 Orang Lagi Positif Covid-19 dari Klaster Sekolah

KARANGANYAR (MERAPI) – Kemunculan perdana klaster penularan Covid-19 di SMAN Kebakkramat berbuntut panjang. Setelah delapan orang staf administrasi sekolah itu positif terpapar, tujuh orang kontak eratnya juga tertular.

“Awalnya dari satu orang yang punya riwayat mobilitas ke luar kota. Hasil tracingnya, tujuh staf administrasi di sekolah itu tertular. Dari mereka, dilakukan tracing kontak erat sebanyak 18 orang. Mereka adalah anggota keluarganya. Hasil swab PCR sudah keluar, tujuh orang kontak erat terpapar Covid-19,” kata Plt Kepala DKK Karanganyar Purwati kepada wartawan, Kamis (15/4).

Tujuh orang staf administrasi SMAN Kebakkramat dan tujuh anggota keluarganya merupakan orang tanpa gejala (OTG). Mereka disarankan isolasi mandiri di bawah pengawasan satgas jogo tonggo dan puskesmas setempat.

“Ada sebagian dari wilayah puskesmas Kebakkramat 1 dan 2. Mereka kondisi tanpa gejala. Kecuali satu orang bergejala di awal kasus,” katanya.

Sampai sekarang SMAN Kebakkramat masih dilockdown. Semua pekerjaan administratif dikerjakan di rumah atau WFH.

Kemunculan klaster sekolah di SMAN Kebakkramat merupakan perdana di Karanganyar. Purwati mengatakan belum ada laporan lagi terkait penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Bupati Karanganyar Juliyatmono meluruskan anggapan kemunculan klaster sekolah di SMAN Kebakkramat. Ia lebih cocok menyebutnya penularan karena mobilitas antardaerah yang berdampak pada rekan sekantor.

“Satu orang staf dari sana rapat ke Semarang. Lalu positif terkena corona. Nah, kebetulan ia bekerja di SMAN Kebakkramat dan rekan-rekan sekantornya tertular. Jadi penularan bukan karena aktivitas belajar mengajar. Guru juga tidak tertular,” katanya.

Ia mengingatkan masyarakat selalu patuh protokol kesehatan, utamanya 5 M. Diantaranya menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. Tercatat kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar per Kamis (15/4) sebanyak 398 dengan catatan kematian 332. Sedangkan isolasi mandiri 264 orang. (Lim)

Read previous post:
Dewan Dorong THR Kota Yogya Diberikan Paling Lambat H-7 Lebaran

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6

Close