Dishub Siapkan Tiga Pos Pantau Pemudik

Suasana sepi Terminal Palur. (Foto:Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Lalu lintas pemudik di Kabupaten Karanganyar bakal terpantau di pos pengamatan yang didirikan di tiga lokasi. Yakni Terminal Palur, Terminal Karangpandan dan Terminal Matesih. Para pemudik yang tiba dari perantauan akan didata maupun menjalani skrining di pos pantau tersebut.

“Aturan mengenai larangan mudik memang belum pasti. Tapi untuk mengantisipasi efek buruk dari pemudik yang datang secara masif ke kampung halaman, kita dirikan pos pantau. Mereka akan didata dari mana, mau kemana, berapa lama pulang kampung dan sebagainya. Bahkan jika memungkinkan akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam melakukan skrining paparan Covid-19,” kata Kepala Dinas Perhubungan Karanganyar Sri Suboko kepada wartawan, Kamis (8/4).

Tiga terminal itu dipilih dengan pertimbangan lalu lintas ramai pemudik yang turun dari bus. Terminal Palur berada di perlintasan armada Solo-Sragen. Sedangkan Terminal Karangpandan berada dekat dengan daerah kantung perantau, begitu pula di Terminal Matesih. Puluhan ribu pemudik musiman diprediksi bakal tiba secara bergelombang di Karanganyar mulai sebelum ramadan sampai lebaran.

Lebih lanjut dikatakan, data pemudik yang dikantonginya akan memudahkan tracing bilamana muncul penularan Covid-19 dari klaster pemudik.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono memastikan para pemudik diterima di kampung halaman. Ia menjamin tidak akan ada lagi pemasangan portal kampung untuk menghalau mereka masuk. Ia juga mewacanakan rapid tes antigen bagi mereka di terminal induk.

“Tahun lalu sempat dipasang portal-portal kampung. Sekarang dengan PPKM mikro, satgas kampung difungsikan untuk jogo tonggo. Jika memungkinkan akan dilakukan rapid tes antigen secara acak,” katanya. (Lim)

Read previous post:
15 Botoh Pilkades Pati Ditangkap Polisi

PATI (MERAPI) - Bayang-bayang pilkades serentak akan diganggu "botoh", kemungkinan tidak terjadi. Menyusul ditangkapnya 15 orang penjudi oleh Satgas anti

Close