Vaksinasi Covid-19 Sasaran Lansia Dimulai

Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa saat melihat vaksinasi virus Corona sasaran lansia di Jetis, Sukoharjo. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Pemkab Sukoharjo resmi memulai pelaksanaan program vaksinasi virus Corona dengan sasaran lanjut usia (lansia). Kegiatan dimulai di dua wilayah percontohan karena memiliki tingkat risiko tinggi penularan virus Corona di Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo dan Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari. Acara dihadiri langsung Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa, Jumat (5/3).

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, Pemkab Sukoharjo telah menyiapkan program dan melaksanakan vaksinasi virus Corona dengan sasaran lansia. Kegiatan resmi dimulai dan diawali di Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo dan Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari.

Lansia menjadi sasaran vaksinasi virus Corona karena dianggap rawan tertular virus Corona. Tingkat kerawanan tinggi tersebut membuat Pemkab Sukoharho memberikan perhatian lebih agar para lansia bisa memiliki kekebalan setelah menerima vaksin virus Corona.

“Pemkab Sukoharjo terus berusaha keras menekan angka kasus dan penanganan terhadap virus Corona. Salah satunya dengan melaksanakan program vaksinasi virus Corona dengan sasaran lansia,” ujarnya.

Usaha keras tersebut dilakukan mengingat pandemi virus Corona telah menyerang semua lini. Akibatnya aktivitas masyarakat menjadi terganggu dan perekonomian lesu. Pemkab Sukoharjo sudah melakukan penanganan diberbagai sektor termasuk pencegahan dengan pemberian vaksin virus Corona kepada sejumlah sasaran.

Pemkab Sukoharjo menjalankan program vaksinasi virus Corona sesuai dengan yang dijalankan pemerintah pusat. Masyarakat diminta ikut mendukung dan tidak perlu ragu terhadap vaksin virus Corona yang sudah disediakan pemerintah.

“Harapannya setelah mendapat vaksin virus Corona masyarakat sudah memiliki kekebalan dan bisa mencegah penularan,” lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo berharap sebanyak 70 persen masyarakat sudah mendapat vaksinasi virus Corona secepatnya. Tambahan kuota vaksin virus Corona juga terus diupayakan daerah meminta kepada pemerintah pusat.

“Masyarakat juga jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tetap memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir,” lanjutnya.

Bupati meminta pada jajarannya untuk aktif membantu penanganan virus Corona. Selain itu juga menjadi contoh baik bagi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Puskesmas Sukoharjo Kunari Maharani mengatakan, hasil pendataan diketahui ada 778 orang lansia mendapatkan vaksin virus Corona di wilayah Kecamatan Sukoharjo. Pelaksanaan kegiatan digelar di kantor Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo.

“Pemberian vaksin ini diharapkan bisa menekan angka kasus penularan virus Corona di Sukoharjo,” ujarnya.

Lansia sebelum mendapatkan vaksin virus Corona terlebih dahulu dilakukan pendataan dan sosialisasi. Tahap selanjutnya dilakukan pemeriksaan untuk melihat kondisi kesehatan lansia apakah layak mengikuti vaksinasi atau tidak.

“Saat dilakukan pemeriksaan kesehatan diketahui banyak lansia tidak lolos karena tidak memenuhi syarat. Jadi vaksinasi virus Corona terhadap lansia yang tidak lolos ditunda dulu,” lanjutnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Kamis (4/3) mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo telah selesai melakukan persiapan dengan koordinasi melibatkan sejumlah pihak terkait pelaksanaan vaksinasi virus corona dengan sasaran lanjut usia. Kegiatan akan dilaksanakan pada Jumat (5/3) di dua wilayah sasaran. Kedua wilayah tersebut Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo dan Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sengaja menyasar Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo dan Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari karena merupakan wilayah dengan tingkat risiko penularan virus corona tinggi. Kedua wilayah tersebut sangat rawan sehingga menjadi prioritas dilaksanakan vaksinasi virus corona.

“Hari ini Kamis (4/3) kami sudah melaksanakam rapat koordinasi dengan lintas sektoral terkait pelaksanaan vaksinasi virus corona dengan sasaran lanjut usia pada Jumat (5/3),” ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo dalam pelaksanaan vaksinasi virus corona digelar berbeda dengan daerah lain berkaitan dengan sasaran lanjut usia. Sebab Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo menggunakan basis data milik posyandu lanjut usia. Keberadaan posyandu lanjut usia digerakan karena mereka memiliki data dan riwayat kesehatan lanjut usia.

Posyandu lanjut usia di dua wilayah sasaran vaksinasi virus corona juga sudah digerakan. Pengurus baik di Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo dan Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari sudah aktif membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo.

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo diketahui, sasaran vaksinasi virus corona di Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo sebanyak 160 orang dan di Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari 300 orang. Masing masing lanjut usia tersebut telah mendapatkan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi virus corona.

Yunia mengatakan, vaksinasi virus corona dengan sasaran lanjut usia menjadi bagian dari percepatan penanganan virus corona. Sebab sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo juga telah melaksanakan vaksinasi virus corona terhadap sejumlah sasaran seperti tenaga kesehatan dan pelayan publik.

Lanjut usia yang belum terdaftar di posyandu maka diminta untuk segera melakukan koordinasi dan mendaftarkan diri. Petugas posyandu juga sudah diminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo aktif melakukan penyisiran lanjut usia di wilayah masing masing untuk dimasukan dalam data sasaran vaksinasi.

Yunia Wahdiyati, mengatakan, vaksinasi virus Corona dilaksanakan dengan mempertimbangkan skala prioritas sebagai usaha mencegah terjadinya penyebaran virus Corona sekaligus menekan angka kasus sekarang. Dalam pelaksanaanya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo melakukan pemetaan dan pendataan terhadap sasaran penerima vaksin. Mereka yang sudah selesai dipetakan dan didata serta telah menerima vaksin virus Corona diantaranya 10 tokoh masyarakat, tenaga kesehatan dan pelayan publik.(Mam)

Read previous post:
Dijadikan Anak Angkat

JAWABAN Tantro bawah dirinya punya cita-cita ingin menjadi tentara, membuat Pak Kasan makin terkesan. Sebagai seorang pensiunan tentara, Pak Kasan

Close