Kodim 0726 Sukoharjo Gelar TMMD Sengkuyung Tahap I di Sapen Mojolaban

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan dan Bupati Sukoharjo Etik Suryani usai penandatanganan pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Kodim 0726 Sukoharjo kembali melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2021 di Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban. Pelaksanaan kegiatan menyesuaikan kondisi sekarang masih pandemi virus Corona. Berbagai program kegiatan seperti sasaran pembangunan fisik dan non fisik telah disiapkan untuk masyarakat.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, Selasa (2/3) mengatakan, kegiatan pembukaan program TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021 digelar secara sederhana sesuai protokol kesehatan mengingat sekarang masih pandemi virus Corona. Upacara besar ditiadakan dan diganti dengan penandatanganan berita acara dihadiri tamu undangan terbatas digelar di loby kantor bupati di lingkungan Pemkab Sukoharjo. Sedangkan kegiatan utama TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021 dilaksanakan di Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban.

Penandatanganan dilakukan Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan dengan Bupati Sukoharjo Etik Suryani. Hadir dalam kegiatan tersebut dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sukoharjo seperti Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi, Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa.

Usai penandatanganan langsung dilaksanakan program TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021 di Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban. Kegiatan akan digelar selama kurun waktu satu bulan kedepan. Dalam pelaksanaanya akan melibatkan sejumlah petugas terkait termasuk warga masyarakat ikut bergotong royong membantu pelaksanaan pembangunan.

“Menyesuaikan dengan kondisi pandemi virus Corona maka pembukaan secara sederhana digelar berupa penandatanganan kegiatan dengan Bupati. Sedangkan dalam pelaksanaan TMMD nanti ada sejumlah program pembangunan fisik dan non fisik disiapkan untuk warga masyarakat,” ujarnya.

Sejumlah sasaran fisik utama tersebut masing-masing pembangunan betonisasi jalan di RT 01 RW 06 dengan panjang 960 meter, lebar 4 meter dan tebal 0,12 meter. Kemudian, pembangunan talud jalan dengan panjang 736 meter dan rehab satu unit masjid. Total anggaran untuk program TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021 di Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban sebesar Rp586 juta.

Kodim 0726 Sukoharjo juga telah menyiapkan program sasaran non fisik selama pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021 di Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban. Kegiatan tersebut meliputi penyuluhan-penyuluhan seperti Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Pemberian kursus ketrampilan dan penerapan teknologi tepat guna terkait untuk peningkatan pendapatan masyarakat, Penyuluhan Kesehatan Masyarakat dan Keluarga Berencana, Penyuluhan tentang Bencana Alam. Termasuk juga kegiatan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“TMMD ini dilaksanakan sebagai bentuk meningkatkan kemanunggalan TNI bersama rakyat. Hasil dari pembangunan dalam TMMD juga bisa dinikmati rakyat seperti salah satunya berupa jalan,” lanjutnya.

Dandim juga menekankan tentang pentingnya pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021 di Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban sebagai bentuk meningkatkan semangat gotong royong. Sebab yang terlibat kegiatan tidak hanya dari TNI saja, melainkan banyak pihak termasuk warga masyarakat.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, TMMD adalah salah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan, kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat. Selain sasaran pokoknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Pelaksanaan pembangunan dalam program TMMD membuat desa dan daerah semakin maju. Ekonomi berkembang karena ada jalan yang dibangun salah satunya mempermudah akses bagi masyarakat,” ujarnya. (Mam)

Read previous post:
Tergigit Serangga Atasi dengan Mawar

TANAMAN bunga mawar sudah tak asing lagi di masyarakat. Selain biasa  dimanfaatkan sebagai tanaman hias, mawar juga diyakini memiliki beberapa

Close