Selama Pandemi, Nihil Pemeliharaan Rutin Aset Pendidikan

Sidak di SDN 1 Kaling Tasikmadu oleh Komisi IV dan jajaran Disdikbud Karanganyar. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Fasilitas pendidikan milik pemerintah rawan rusak dan terbengkalai selama pembelajaran di luar sekolah. Untuk mengatasinya, manajemen sekolah diminta memeliharanya secara mandiri.

“Kami mempertanyakan maintenance gedung sekolah bagaimana? Jangan biarkan terbengkalai hanya karena KBM di luar sekolah. Biasanya kan yang bersih-bersih itu peserta didik yang piket. Sekarang tidak ada anak di sekolah. Meski tidak ada pembelajaran tatap muka, mbok ya diperhatikan jangan sampai rusak dibiarkan saja,” kata Anggota Komisi IV DPRD Karanganyar Endang Muryani, Senin (11/1).

Endang meyakini pemeliharaan aset dan fasilitas pendidikan kurang bagus selama masa Pandemi Covid-19. Menurutnya, kondisi gedung sekolah yang diramaikan peserta didik berlainan dengan gedung tanpa penghuni. Saat ini, pembelajaran tatap muka belum dibuka.

Lebih lanjut Endang meminta jaminan pemerintah terkait keutuhan fasilitas tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tarsa mengatakan anggaran pemeliharaan gedung sekolah nihil di tahun ini. Meski demikian, APBD tetap bisa mengalokasi anggaran pemulihan fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam. Sumbernya dari belanja tak terduga (BTT).

“Enggak ada anggaran maintenance. Guru sekolah jangan hanya mengurus akademik siswa. Kalau ada yang kotor, disapu. Genting melorot juga dibenahi dengan mengupah buruh. Saya yakin sekolah bisa melakukannya mandiri. Prinsipnya sekolah tetap bersih. Toh, para guru tetap masuk sekolah meski anak-anak belajar di rumah,” katanya.

Tarsa mengatakan belum ada instruksi pembukaan pembelajaran tatap muka hingga semester dua tahun ajaran 2020/2021.

“Tidak ada target selesai kurikulum 100 persen. Sak nyandake (semampunya). Yang penting pembelajaran tetap dilakukan. Murid silakan mengikuti daring, belajar sendiri maupun difasilitasi siaran pendidikan, katanya.(Lim)

Read previous post:
Empat Kecamatan di Boyolali Terendam Banjir

BOYOLALI (MERAPI) – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah berturut-turut selama dua hari Sabtu - Minggu (9-10-1-2021), mengakibatkan

Close