Relawan Karanganyar Siap Bantu di Merapi

Relawan berlatih mendirikan tenda. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar siap menerjunkan sukarelawan yang membantu mitigasi bencana alam letusan Gunung Merapi. Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, mengatakan para personel yang akan diterjunkan memiliki spesifikasi mengevakuasi hingga pelayanan di pengungsian. Sejauh ini tercatat 30 sukarelawan BPBD diberi tugas tersebut. Penugasan ini sesuai instruksi BPBD Jawa Tengah kepada satuan tugas di sekitar kabupaten Klaten, Magelang dan Boyolali. Tiga kabupaten ini memiliki wilayah paling dekat di lereng.

“Kita berada di wilayah Soloraya siap membantu menyuplai kebutuhan, baik itu diminta maupun tidak. Wilayah terdekat akan dibantu lebih dulu atau manapun yang sekiranya kekurangan. Misalnya di Klaten, Boyolali, dan Magelang di Jawa Tengah,” kata Sundoro kepada wartawan di Karanganyar, Jumat (6/11).

Sekadar informasi, BPBD Karanganyar memiliki relawan terlatih mengatasi longsor dan banjir. Banyak kejadian bencana di Karanganyar menggembleng para relawan itu dalam bertugas kemanusiaan. Selain dari relawan BPBD, satuan tugas di bawah kendali Pemkab Karanganyar ini siap mengkoordinasi para relawan dari ormas.

Belum lama ini, seluruh relawan BPBD dan unsur lainnya seperti SAR dan AGL menghadiri apel kesiapsiagaan bencana di Mapolres Karanganyar. Mereka memiliki riwayat membantu penanganan korban dan pengungsi erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam.

Sundoro meyakini penanganan dampak erupsi merapi mendatang jauh lebih berat akibat pandemi Covid-19.
“Semoga semua sudah matang dipersiapkan. Dari BPBD juga sudah disiapkan protokol kesehatan saat di pengungsian. Meski itu tidaklah mudah. Mari berharap semua dilindungi Tuhan dan tidak timbul bencana,” katanya.

Ketersediaan personel kebencanaan di Karanganyar mencukupi. Hanya saja koordinasi perlu dikuatkan. Terlebih, ancaman bencana di Karanganyar pada musim penghujan perlu diwaspadai, seperti angin puting beliung, longsor, dan banjir. Wilayah rawan merata di 17 kecamatan. (Lim)

Read previous post:
KAMPUNG FLORY DUKUNG 3M: Wastafel Berbahan Gerabah Tumbuhkan Minat Mencuci Tangan

LOKASI wisata di DIY terus menggeliat dimasa New Normal ini. Salah satunya adalah Kampung Flory, sebuah taman rekreasi seluas 14

Close