Hadapi Bencana Alam, Kodim 0726 Sukoharjo Gelar Apel Kesiapsiagaan

Forkopimda Sukoharjo saat pengecekan petugas dan peralatan usai apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dampak La Nina digelar tim gabungan di halaman kantor Pemkab Sukoharjo, Selasa (27/10). Mereka yang terlibat berasal dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama elemen masyarakat Sukoharjo. Kegiatan dimaksudkan untuk melihat kesiapan petugas dan peralatan yang dimiliki dalam menghadapi bencana alam.

Dandim 0726 Sukoharjo Lektol Inf Agus Adhy Darmawan, mengatakan, apel kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam ini di inisiasi oleh Kodim 0726 Sukoharjo. Sebab memasuki musim hujan diperkirakan rawan bencana alam dibeberapa wilayah. Bencana alam tersebut seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang. Karena itu perlu dilakukan kesiapsiagaan baik petugas maupun peralatan yang dimiliki.

Dalam penanganan bencana alam juga perlu melibatkan semua pihak terkait. Dandim mengatakan, Kodim 0726 Sukoharjo baik petugas dan peralatan yang dimiliki siap sepenuhnya membantu penanganan bencana alam di Sukoharjo.

“Musim hujan ini perlu diwaspadai karena rawan bencana alam. Apalagi ada fenomena alam La Nina dimana terjadi peningkatan curah hujan tinggi sehingga menyebabkan kerawanan bencana alam,” ujarnya.

Dandim melanjutkan, kesiapsiagaan petugas dari berbagai pihak terkait dilakukan dalam menghadapi bencana alam dengan melakukan koordinasi bersama. Sebab pada saat bencana alam datang jangan sampai masing masing petugas bergerak sendiri tanpa arah.

“Pusat Posko bencan alam ada di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo siap 24 jam dimana semua unsur ada di posko tersebut,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, Pemkab Sukoharjo mengapresiasi langkah Kodim 0726 Sukoharjo dalam menginisiasi kegiatan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. Sebab kegiatan ini sangat penting sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi bencana alam.

“Bencana alam tidak diketahui kapan datang apalagi sekarang sudah musim hujan. Jadi kesiapsiagaan ini sangat penting dengan melibatkan semua pihak terkait,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo sudah menggerakan semua petugas terkait dalam membantu kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. Hal ini penting mengingat penanggulangan bencana alam bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tapi juga bersama elemen masyarakat.

“Semua unsur baik Pemkab Sukoharjo, Kodim 0726, Polres dan elemen masyarakat siap sepenuhnya. Jadi nanti saat ada bencana alam semua sudah dalam posisi siap membantu penanganan,” lanjutnya. (Mam)

Read previous post:
NGENTA-ENTA MBALELA (7) – Ki Gede Pacukilan Roboh Terkena Gelang Besi

Ki Gede Pacukilan memerintahkan Jaka Caluring mengadapi Ki Lurah Sumarata. Ia sendiri akan melawan dukun tua yang nampaknya memiliki kelebihan.

Close