Usai Terkena OTT, Camat Baki Mengundurkan Diri

ILUSTRASI

SUKOHARJO (MERAPI) – Camat Baki Taufik Hidayat mengundurkan diri dari jabatannya. Pengundurkan diri dilakukan setelah Taufik Hidayat ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pungutan liar (pungli) pengurusan izin tower menara telekomunikasi setelah terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Polda Jawa Tengah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Kamis (7/6) mengatakan, proses pengunduran diri sudah dilakukan Camat Baki Taufik Hidayat seminggu lalu dan dinyatakan telah selesai. Taufik Hidayat sekarang sudah bukan lagi Camat Baki dan menempati tugas baru sebagai staff di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sukoharjo.

Pengunduran diri dilakukan Taufik Hidayat setelah terjerat kasus dugaan pungli izin tower menara telekomunikasi. Taufik Hidayat tertangkap basah oleh petugas dari tim Polda Jawa Tengah saat melakukan OTT. Penangkapan dilakukan di ruang camat di kantor Kecamatan Baki lengkap dengan barang bukti berupa uang tunai Rp 20 juta.

“Pengunduran diri Taufik Hidayat sebagai Camat Baki juga dimaksudkan untuk mempermudah pemeriksaan dan pemanggilan oleh penyidik Polda Jawa Tengah,” ujar Agus Santosa.

Taufik Hidayat sendiri sudah beberapa kali mendapat pemanggilan pemeriksaan oleh penyidik Polda Jawa Tengah. Pemeriksaan dilakukan di Mapolsek Grogol Polres Sukoharjo. “Pengunduran diri juga dilakukan untuk menjaga kredibilitas pemerintah mengingat yang terjerat kasus seorang aparatur sipil negara (ASN) sebagai camat,” lanjutnya.

Posisi sebagai Camat Baki sekarang diisi oleh seorang Plt Roni Wicaksono yang juga merangkap sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) Baki. Posisi definitif Camat Baki untuk sementara kosong dan menunggu pengisian dari Pemkab Sukoharjo.

Agus Santosa meminta agar jalannya pemerintahan di Kecamatan Baki tetap berjalan normal seperti biasa. Sebab sementara sudah diisi oleh Plt menggantikan camat. “Soal kasus yang menjerat pak camat biar ditangani oleh aparat keamanan. Pemerintahan tetap jalan seperti biasa dan sudah ada Plt Camat Baki,” lanjutnya. (Mam)

Read previous post:
Pemkab Bagikan Zakat Fitrah dan Mal

KARANGANYAR (MERAPI) - Ribuan duafa asal tiga kecamatan di Karanganyar menerima pembagian zakat fitrah dan zakat mal bersumber APBD, Kamis

Close