Desa Wisata Pentingsari Siap Sambut Wisatawan

MERAPI-AWAN TURSENO
Masyarakat usai melaksanakan senam bersama di Desa Wisata Pentingsari

CANGKRINGAN (MERAPI) – Desa Wisata Pentingsari, Kalurahan Umbulharjo, Cangkringan, Sleman mulai mempersiapkan diri untuk menerima wisatawan saat libur Idul Fitri mendatang. Langkah ini ditempuh menyusul larangan pemerintah untuk mudik, tetapi masyarakat diimbau untuk berekreasi di destinasi wisata terdekat saat pandemi corona.

Sejumlah langkah pun sudah disiapkan. Selain melakukan pembenahan, juga digalakkan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat. Salah satu agenda yang ditempuh dengan menyelenggarakan senam bersama bagi untuk warga sekitar maupun luar wilayah.

Dwi Sulistiyono, tokoh pemuda Pentingsari menjelaskan, untuk membangkitkan kembali Desa Wisata Pentingsari, pihaknya melakukan berbagai upaya. Di antaranya dengan menyelenggarakan senam bersama di lokasi obyek wisata. Cara ini dilakukan agar wisatawan mengetahui bahwa Desa Wisata Pentingsari siap dikunjungi.

“Pemerintah telah mengizinkan masyarakat berwisata meskipun hanya untuk tingkat lokal. Maka Desa Wisata Pentingsari juga perlu mempersiapkan untuk menyambut pengunjung terutama saat libur hari raya Idul Fitri,” jelasnya, Jumat (9/4) lalu.

Sulis menambahkan, digelarnya senam bersama diharapkan menjadi salah satu metode menarik kembali minat masyarakat untuk berwisata ke Pentingsari dengan mengunggulkan suasana alam dan kehidupan di pedesaan.

Selain itu, agenda senam bersama sebenarnya sudah diizinkan oleh pemerintah tetapi harus tetap menjalankan sesuai protokol kesehatan yang ketat termasuk membatasi jumlah peserta meskipun dilakukan di tempat terbuka. Sehingga klaster Covid-19 dari senam bersama dapat dihindari.

Manfaat lain, kata dia, senam merupakan olah raga murah tetapi manfaatnya sangat besar. Yaitu dapat menyehatkan badan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas) bagi peserta.

Sulis berharap, bagi masyarakat yang gemar olah raga senam agar terus digalakkan baik di lokasi masing-masing maupun ke obyek wisata. Selain badan sehat mereka dapat berekreasi menikmati suasana alam.

Ketua Desa Wisata Pentingsari, Doto Yogantoro berpendapat, aturan pemerintah terkait mudik lebaran harus ditaati. Untuk mencari hiburan, masyarakat diimbau mengunjungi obyek wisata lokal. Peluang ini direspons dengan mempersiapkan diri menyambut masyarakat yang ingin menikmati suasana pedesaan di Pentingsari.

Untuk itu, menyambut Idul Fitri tahun 2021, segala persiapan sudah mulai dilakukan terutama wisata alam pedesaan. Sedangkan home stay untuk mempersiapkan apabila ada pengunjung yang ingin menginap. Di samping itu menggandeng Satgas Covid-19 tingkat kalurahan untuk memantau protokol kesehatan.

“Karena wisatawan besok adalah lokal, maka kita persiapkan program prioritas yaitu kehidupan di desa seperti pertanian, budaya maupun petualangan di alam bebas. Seperti pemandangan Gunung Merapi, bermain di aliran Kali Kuning, melihat bermacam-macam vegetasi baik kebun kopi, beragam jenis tanaman obat,” terang Doto. (Awn)

Read previous post:
Muscab Musran Serentak DPD PAN Sleman untuk Menyongsong Tahun Politik 2024

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - DPD PAN Kabupaten Sleman menggelar Musyarawah Cabang dan Musyawarah Ranting ke V DPC dan DPRt se

Close