Muscab Musran Serentak DPD PAN Sleman untuk Menyongsong Tahun Politik 2024

SLEMAN (HARIAN MERAPI) – DPD PAN Kabupaten Sleman menggelar Musyarawah Cabang dan Musyawarah Ranting ke V DPC dan DPRt se Kabupaten Sleman di Puri Mataram, Minggu 11 April 2021 pagi. Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda besar yang diinisiasi DPP PAN guna menyongsong tahun politik 2024.

Ketua DPD PAN Sleman, dr. Raudi Akmal menuturkan, kegiatan musyawarah perlu segera dilakukan untuk menata kembali struktur organisasi. Baginya, dengan struktur yang tertata serta pembagian tugas yang merata, akan memudahkan partai dalam bergerak menjaring suara dengan memilih struktur PAN di 17 Kapanewon 86 Kalurahan.

“Sesuai dengan tema hari ini “struktur kuat, PAN menang” bertujuan agar tahapan politik serentak tahun 2024 bisa segera kita kerjakan sejak dini. Tantangan ke depan adalah bonus demografi generasi Z dan generasi milenial yang akan mempunyai hak suara pada pemilu mendatang,” ungkap Raudi Akmal.

Menurut Raudi, dominasi generasi Z pada tahapan pemilu serentak mendatang sangatlah besar. Untuk di Sleman saja diperkirakan ada sekitar 200 ribu hingga 250 ribu pemuda yang saat ini masih duduk di bangku sekolah SMP akan mempunyai hak suara.

Kondisi ini mau tidak mau harus bisa dipahami secara maksimal oleh seluruh kader berlambang matahari putih. Partai harus bisa membuat strategi dan program-program yang mampu menyentuh nalar politik generasi tersebut untuk tergugah sadar politik.

“PAN menjadi ruang aspirasi dan rumah terbuka untuk masyarakat. Pastinya kita akan menghadirkan mereka (generasi Z dan milenial) ke struktur PAN, dan itu sudah kita mulai. Intinya merebranding PAN di Kabupaten Sleman termasuk program-programnya,” jelas Raudi Akmal.

Raudi Akmal juga mentargetkan DPD PAN Kabupaten Sleman harus bisa mendapatkan suara maksimal dalam pemilu 2024 mendatang. Pasalnya pemilu 2019, jumlah suara yang didapatkan sekitar 96 ribu. Namun jumlah kursi yang didapatkan sama dengan partai lain yang jumlah suaranya jauh lebih sedikit.

“Tentunya tingkat cabang dan ranting yang akan menentukan kemenangan. Untuk itu kegiatan ini menjadi penting untuk mulai kita tata seawal mungkin. Target kita jumlah kursi bisa 9 dan perolehan suara bisa bertambah.” tegas Raudi Akmal.

Sementara, Ketua DPW PAN DIY, Suharwanta menuturkan agar kader PAN bisa lebih solid dan kreatif. Kader PAN harus mampu beradaptasi dengan cepat. Tak hanya pada strategi politik namun juga perkembangan teknologi.

“Perkembangan ini bisa berarti dua hal. Positif jika kita bisa beradaptasi dengan cepat atau bisa tertinggal dan itu dampak negatif,” terangnya.

Sementara, sekretaris POK DPP PAN, Slamet Nur Achmad Effendy menyampaikan pada tahun politik 2024, partisipasi generasi Z dan Milenial mencapai angka 45 persen. PAN yang juga sebagai partai anak muda, seharusnya mendapatkan keuntungan dengan bonus demografi tersebut.

“PAN ini kan isinya anak muda. Harapan kita tentu saja tidak sulit untuk bisa kita rangkul generasi Y dan Z ini. Kita juga dorong secara nasional agar melebarkan sayap. Mencari basis-basis baru tanpa meninggalkan basis yang sudah ada,” tambahnya.

Dilanjutkan Slamet, instrumen partai menjadi penting agar terus dirawat. Dengan instrumen yang terstruktur, kemenangan partai dan rakyat bisa diperoleh.

“Posisi PAN jelas memperjuangkan rakyat dan kita masih konsisten di jalan tersebut. Agar kita bisa maksimal,caranya tentu saja dengan memenangkan kontes politik ini. Tidak ada jalan lain,” pungkasnya.

Sementara Kustini Sri Purnomo , selaku Bupati Sleman dalam menyampaikan ungkapan terima kasih atas kerjasama yang solid struktur PAN dalam Pilkada kemarin yang bisa mengangkat pasangan Kustini-Danang untuk mengemban amanah di Sleman, “ mari kita terus perkuat jalinan struktur kader PAN dalam rangka membangun Sleman sebagai rumah bersama dan kita bersama mewarnai pembangunan di Sleman”.

Musyarawah Cabang dan Musyawarah Ranting ke V DPC dan DPRt se Kabupaten Sleman dihadiri oleh Bupati Sleman, PDPM Sleman, Ketua MPP DPD PAN Sleman Sri Purnomo, Anggota DPRD Fraksi PAN Sleman dan Provinsi DIY sadar Narima S.Ag dan Hanum Salsabila Rais dan Sekretaris Bidang POK DPP PAN, Pengurus Harian DPD PAN Sleman sebagaimana disampaikan kontributor Arief Hartanto. (*)

Read previous post:
106 Bencana Alman, Rugi Rp 4,2 Miliar

TEMANGGUNG (MERAPI) - Bancana alam sepanjang Januari hingga awal April 2021 di Kabupaten Temanggung terjadi sebanyak 106 kejadian dengan kerugian

Close