ASPD 2020/2021JENJANG SMP DI SLEMAN: Mengukur Capaian Kurikulum di Masa Pandemi

MERAPI-HUMAS SLEMAN
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo memantau pelaksanaan ASPD tingkat SMP.

SLEMAN (MERAPI) – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo memantau pelaksanaan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tahun pelajaran 2020/2021. Pantauan dilakukan di tiga lokasi, yaitu SMP Negeri 2 Sleman, SMP Kanisius Sleman dan SMP Negeri 1 Sleman.
Di sela-sela acara Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa pemantauan ASPD bertujuan untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan di DIY. Yakni mengukur pencapaian kurikulum darurat di masa pandemi Covid-19, sekaligus menjadi salah satu bahan pertimbangan menuju jenjang pendidikan berikutnya.

“Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pendidikan Sleman turut mendukung pelaksanaan kegiatan ASPD. Salah satu tujuannya untuk pemetaan mutu pendidikan dan mengukur ketercapaian kurikulum darurat di masa pandemi Covid-19,” kata Kustini.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana yang turut hadir dalam pantauan tersebut menyampaikan, kegiatan ASPD tersebut akan dilaksanakan selama empat hari yaitu mulai Senin-Kamis (5-8 April).
“Kegiatan ini (ASPD) berlangsung empat hari. Setiap harinya dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama mulai pukul 07.30-09.10 WIB sedangkan sesi dua dimulai pukul 11.00-12.40 WIB,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Ery, ASPD jenjang SMP di wilayah Sleman diikuti oleh 119 sekolah dengan jumlah total siswa yang mengikuti sebanyak 12.637 anak.
Dalam pelaksanaannya, Dinas Pendidikan Sleman telah melakukan koordinasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman dan sudah mendapatkan dukungan penyelenggaraan.

ASPD jenjang SMP ini dilaksanakan berbasis komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya. ASPD berbasis komputer (ASPD-BK) dilakukan dengan sistem semi online, dimana sepertiga dari jumlah siswa hadir di satuan pendidikan menggunakan protokol kesehatan. (Awn)

Read previous post:
MERAPI-ANTARA Pantai Parangtritis, salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Bantul.
Pantai Masih Jadi Favorit Wisatawan

BANTUL (MERAPI) - Objek wisata pantai di pesisir selatan Bantul nampaknya masih menjadi lokasi favorit wisatawan. Hal ini nampak dari

Close