GP ANSOR KERJA SAMA PMI SLEMAN: Donor Darah Minimal 4 Kali Per Tahun

MERAPI-HUMAS SLEMAN
Ariyanto Nugroho (kanan) dan Sunartono menunjukkan perjanjian kerja sama pelaksanaan donor darah.

SLEMAN (MERAPI) – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sleman melakukan penandatanganan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman terkait pelaksanaan donor darah yang akan dilaksanakan secara berkala.
Penandatanganan kerja sama atau Memory of Understanding (MoU) dilakukan oleh Ketua PMI Sleman Sunartono dengan Ketua Pengurus Cabang GP Ansor Sleman Ariyanto Nugroho di Sleman City Hall, Minggu (9/8).

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan donor darah yang diikuti oleh pengurus dan anggota GP Ansor serta pengunjung mall.
Disela-sela acara Ariyanto Nugroho menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama donor darah. Melalui MoU ini GP Ansor akan mengagendakan donor darah minimal dilaksanakan empat kali dalam satu tahun.

“Secara nafas, gerakan kemanusiaan antara Pemuda Ansor dan PMI itu sudah satu jalur. Sehingga ini menjadi kesempatan kami untuk dapat berkhidmat pada umat selain melalui jalur yang sudah kami lakukan secara regular di organisasi,” jelas Ariyanto.

Kegiatan donor darah ini, lanjutnya, merupakan yang kedua kali diselenggarakan dengan PMI Kabupaten Sleman. Donor darah pertama dilaksanakan pada Juni 2020 dengan pendonor mencapai 150 orang.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun yang hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada GP Ansor dan PMI Kabupaten Sleman. Kerja sama yang dilakukan merupakan langkah tepat untuk memenuhi persediaan darah. Apalagi kebutuhan darah di Kabupaten Sleman mencapai 60 hingga 75 kantong perhari.

“Apabila sudah dilakukan MoU, maka perencanaan kaitannya dengan pendonor untuk memenuhi kebutuhan darah juga akan baik. Karena tahu jadwal donor dimana dan kapan sesuai dengan kesepakatan,” jelasnya.

Muslimatun berharap, dengan adanya MoU yang dilaksanakan ini kedepan dapat meminimalisir kasus kematian akibat kekurangan darah.
(Awn)

Read previous post:
Dapur Bude Bantu Masyarakat Miskin

SEDAYU (MERAPI) - Dampak pandemi Covid 19 belum usai, terutama bagi masyarakat miskin dan para pekerja disektor informal. Mereka menjadi

Close