Bokesan Resmi Sebagai Kampung Nila

MERAPI-ISTIMEWA Budidaya ikan di Dusun Bokesan pernah dikunjungi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang didamping Bupati Sleman Sri Purnomo.
MERAPI-ISTIMEWA
Budidaya ikan di Dusun Bokesan pernah dikunjungi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang didamping Bupati Sleman Sri Purnomo.

NGEMPLAK (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten Sleman meresmikan Dusun Bokesan, Desa Sindumartani, Kecamatan Ngemplak, sebagai Kampung Nila. Peresmian Dusun Bokesan sebagai Kampung Nila dilakukan di halaman Kantor Kelompok Petani Ikan Ngremboko, Kamis (29/11), ditandai dengan penyerahan miniatur kampung nila oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Heru Saptono kepada Camat Ngemplak, Siti Wahyu Purwaningsih.

Menurut Heru, dipilihnya Dusun Bokesan ini dikarenakan sebagian besar penduduknya sudah melakukan budi daya ikan nila sejak lama namun belum terintegrasi. Oleh karena itu, untuk dapat mengintegrasikan semua penduduk yang membudidayakan ikan maka dibentuklah Kampung Nila.

“Tujuannya agar dalam proses budi daya ikan ini lebih terintegrasi, di samping itu juga Dusun Bokesan ini ke depannya akan dijadikan sebagai Kampung Nila yang terintegrasi tidak hanya dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan saja tetapi juga dengan sektor pariwisata,” katanya dilansir Antara.

Ia mengatakan nantinya Kampung Nila Bokesan ini tidak hanya menjadi tempat budi daya dan jual beli ikan saja tetapi juga akan menarik wisatawan untuk melihat pemandangan yang disuguhkan sembari menyantap hidangan ikan.

“Selain itu juga ada wisata edukasi. Kami mendapat bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa Balai Kusuka yang digunakan untuk proses edukasi pelatihan bagi sumber daya manusia (petani) yang ada di situ. Harapannya petani bisa meningkat ketrampilan dan pengetahuannya,” kata
nya.
Ketua Kelompok Tani Ikan Mina Ngremboko Saptono mengatakan setiap bulannya di Dusun Bokesan ini setiap bulannya mampu menghasilkan 8,5 juta ekor ikan dengan akumulasi pendapatan penjualan seluruh macam ikan per tahunnya mencapai Rp16 miliar hingga Rp17 miliar.

“Kami mengapresiasi atas langkah pemerintah kabupaten yang meresmikan Dusun Bokesan sebagai Kampung Nila yang mampu memotivasi para petani terlebih yang tergabung ke dalam kelompok untuk semakin mengembangkan ‘skill’ dan pengetahuannya terhadap budi daya ikan,” katanya. (*)

 

Read previous post:
PRODUSEN MIRAS DIADILI- Ribuan Kemasan Lapen Siap Edar Disita

  YOGYA (MERAPI) - Terdakwa produsen minuman keras (miras) jenis lapen, Spr (34) warga Kasihan Bantul dan EP alias Pur

Close