Fadli Zon Raih Penghargaan AIPA Karena Berperan Perkuat Forum Parlemen ASEAN

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 11:40 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fadli Zon.  (ANTARA/Aloysius Lewokeda)
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fadli Zon. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

JAKARTA, harianmerapi.com - Tokoh politik yang dikenal vokal, Fadli Zon, meraih penghargaan AIPA Distinguished Service Award dari ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) karena berjasa dan berperan dalam penguatan serta pengembangan AIPA dalam merespons tantangan kawasan dan global.


Fadli Zon yang juga menjabat Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI itu menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga dirinya memperoleh penghargaan tersebut.

"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada rekan-rekan anggota DPR RI, termasuk rekan-rekan di BKSAP, yang telah mendukung diplomasi parlemen DPR RI selama ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat para anggota parlemen dari ASEAN yang memberi penghargaan ini," kata Fadli di Jakarta, Kamis (26/8/201).

Baca Juga: Agus Widjojo Sosok yang Tepat Untuk Upayakan Rekonsiliasi Tragedi 1965

Ia menilai penghargaan tersebut harus dimaknai sebagai motivasi untuk terus memajukan AIPA agar dapat lebih responsif dan representatif.

Menurut dia, penghargaan tersebut merupakan dorongan moral bagi dirinya untuk mengukuhkan AIPA sebagai forum parlemen ASEAN agar lebih responsif dan mewakili masyarakat ASEAN, khususnya menghadapi dinamika di kawasan Asia Tenggara.

Fadli melihat bahwa sikapnya yang kerap kritis terhadap AIPA ternyata dimaknai secara positif oleh para anggotanya.

"Beberapa kali saya berdebat secara konstruktif dengan para anggota parlemen ASEAN di AIPA terkait dengan banyak isu, termasuk demokrasi dan HAM di Myanmar. Bahkan, terakhir draf resolusi kita terkait dengan Myanmar kandas," ujarnya.

Baca Juga: Stok Darah DIY Hari Ini, Kamis 26 Agustus 2021

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Presiden Jokowi Hadiri GPDRR 2022 di Bali

Rabu, 25 Mei 2022 | 07:30 WIB

Pemerintah Akan Secepatnya Hapus PPKM

Minggu, 22 Mei 2022 | 15:40 WIB

Selamat Jalan Prof. Fahmi Idris

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:50 WIB
X